Tanah PapuaMamtaBappeda dan Dinsos Bersinergi Tangani Anjal dan Kemiskinan

Bappeda dan Dinsos Bersinergi Tangani Anjal dan Kemiskinan

SENTANI, SUARAPAPUA.com — Parson Horota, kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Jayapura, mengatakan, penanganan anak jalanan (anjal) dan kemiskinan secara umum di kabupaten Jayapura, Papua, baru di tahapan rancang regulasi.

“Kami di Bappeda tidak punya data. Yang punya data akurat itu ada di Dinas Sosial. Secara resmi Bappeda sudah bekerja sama dengan Dinas Sosial. Kami sementara susun regulasi bersama dengan soal penanganan kemiskinan,” jelas Parson Horota kepada wartawan di Sentani, Selasa (3/10/2023).

Baca Juga:  Generasi Penerus Masa Depan Papua Wajib Membekali Diri

Kata Parson, regulasinya hampir sama dengan penanganan stunting.

“Menyangkut kemiskinan itu ada tiga hal utama yang harus kita lakukan, yaitu mengurangi beban pengeluaran rakyat, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan mengedukasi kantong-kantong kemiskinan,” tuturnya.

Untuk tiga hal itu, Bappeda menurutnya sedang menyusun regulasinya terkait rencana penanganan anjal dan kemiskinan.

“Saya pikir teman-teman di Dinas Sosial sudah punya rencana. Semua untuk kepentingan itu berhubungan dengan regulasi yang kami kerjakan, baik itu anak jalanan dan juga kemiskinan,” lanjut Horota.

Baca Juga:  Festival Angkat Sampah di Lembah Emereuw, Bentuk Kritik Terhadap Pemerintah

Selain penanganan anjal dan kemiskinan di kabupaten Jayapura, kata Parson, Dinkes juga melakukan penanganan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ).

“Dinas kesehatan juga sudah membuat pertemuan terkait dengan penanganan orang sakit jiwa di wilayah kabupaten Jayapura,” imbuhnya. []

Terkini

Populer Minggu Ini:

HRM Melaporkan Terjadi Pengungsian Internal di Paniai

0
Pengungsian internal baru-baru ini dilaporkan dari desa Komopai, Iyobada, Tegougi, Pasir Putih, Keneugi, dan Iteuwo. Para pengungsi mencari perlindungan di kota Madi dan Enarotali. Beberapa pengungsi dilaporkan pergi ke kabupaten tetangga yakni, Dogiyai, Deiyai, dan Nabire.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.