Komite Nasional Papua BaratKNPB Balim Barat: Secara Organisasi Tidak Pernah Mendidik Anggota Melakukan Tindakan Kriminal

KNPB Balim Barat: Secara Organisasi Tidak Pernah Mendidik Anggota Melakukan Tindakan Kriminal

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Pengurus Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Balim Barat membantah dan menolak tuduhan pihak kepolisian terkait keterlibatan anggota militan KNPB Wilayah Balim Barat dalam pembunuhan Michelle Kurisi yang terjadi belum lama ini.

“Kami Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Balim Barat menolak dengan tegas tuduhan pihak kepolisian Papua yang menuduh KNPB Balim Barat sebagai pelaku atas pembunuhan Michelle Kurisi Doga di Wamena. Karena KNPB Wilayah Balim Barat (Lanny Jaya) secara organisasi tidak pernah mengajak dan  mendidik anggotanya untuk melakukan tindakan kriminal terhadap siapapun di tanah Papua,” tukas Ketua KNPB Balim Barat, Pendinus Wanimbo dalam pernyataannya kepada suarapapua.com, Rabu (11/10/2023).

Baca Juga:  KNPB Yahukimo Desak Komnas HAM RI Libatkan Stakeholder Investigasi Kasus Kekerasan di Tanah Papua

Kata Pendinus, sejak hadirnya KNPB Balim Barat di Lanny Jaya 5 November 2011 hingga hari ini, KNPB Balim Barat belum pernah melakukan tindakan kriminal dan kejahatan kemanusiaan yang sifatnya melawan hukum di daerah  Lanny Jaya dan Wamena.

Aksi yang dilakukan pihaknya menurutnya adalah hanya aksi-aksi demo damai di wilayah kerjanya KNPB Balim Barat.

Pendinus sebagai ketua KNPB Balim Barat menyatakan bahwa oknum-oknum yang dituduhkan aparat kepolisian terkait keterlibatannya dalam pembunuhan Michelle Kurisi bukan merupakan anggota KNPB Balim Barat.

Baca Juga:  Ketua KNPB Pegubin Ajak Suku Ngalum dan Ketengban Bersatu

“Saya menegaskan bahwa Person Murib dan enam orang lainnya tidak ada dalam struktur organisasi KNPB yang saya pimpin, melainkan mereka adalah simpatisan KNPB yang ada di luar dari struktur organisasi KNPB Balim Barat.”

Oleh sebab itu, KNPB Balim Barat menyatakan sikapnya;

  1. KNPB Wilayah Balim Barat membantah dan menolak tegas pemberitaan terkait keterlibatan militan KNPB Balim Barat dalam kasus pembunuhan Michelle Kurisi Doga.
  2. KNPB Wilayah secara nasional dan khususnya KNPB Wilayah Balim Barat secara organisasi belum pernah melakukan rapat-rapat organisasi dan mengeluarkan perintah atau instruksi tentang pembunuhan kepada siapapun yang hidup dan tinggal di Lanny Jaya atau Wamena, termasuk pembunuhan saudari Michelle Kurisi Doga.
  3. KNPB Wilayah Balim Barat membantah dan tidak membenarkan ke – 7 oknum yang diduga adalah anggota aktif militan KNPB Wilayah Balim Barat, melainkan mereka adalah masyarakat biasa yang tidak ada dalam struktur organisasi KNPB Balim Barat.
Baca Juga:  DPRP dan MRP Diminta Membentuk Pansus Pengungkapan Kasus Penganiayaan di Puncak

Terkini

Populer Minggu Ini:

Parpol Harus Terbuka Tahapan Penjaringan Bakal Calon Bupati Tambrauw

0
SORONG, SUARAPAPUA.com --- Forum Komunikasi Lintas Suku Asli Tambrauw mengingatkan pengurus partai politik di kabupaten Tambrauw, Papua Barat Daya, untuk transparan dalam tahapan pendaftaran...

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.