Komite Nasional Papua BaratKNPB Balim Barat: Secara Organisasi Tidak Pernah Mendidik Anggota Melakukan Tindakan Kriminal

KNPB Balim Barat: Secara Organisasi Tidak Pernah Mendidik Anggota Melakukan Tindakan Kriminal

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Pengurus Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Balim Barat membantah dan menolak tuduhan pihak kepolisian terkait keterlibatan anggota militan KNPB Wilayah Balim Barat dalam pembunuhan Michelle Kurisi yang terjadi belum lama ini.

“Kami Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Balim Barat menolak dengan tegas tuduhan pihak kepolisian Papua yang menuduh KNPB Balim Barat sebagai pelaku atas pembunuhan Michelle Kurisi Doga di Wamena. Karena KNPB Wilayah Balim Barat (Lanny Jaya) secara organisasi tidak pernah mengajak dan  mendidik anggotanya untuk melakukan tindakan kriminal terhadap siapapun di tanah Papua,” tukas Ketua KNPB Balim Barat, Pendinus Wanimbo dalam pernyataannya kepada suarapapua.com, Rabu (11/10/2023).

Baca Juga:  Kampanye Pemilu Damai di Tanah Papua Adalah Upaya Negara Mempertahankan Kekuasaan

Kata Pendinus, sejak hadirnya KNPB Balim Barat di Lanny Jaya 5 November 2011 hingga hari ini, KNPB Balim Barat belum pernah melakukan tindakan kriminal dan kejahatan kemanusiaan yang sifatnya melawan hukum di daerah  Lanny Jaya dan Wamena.

Aksi yang dilakukan pihaknya menurutnya adalah hanya aksi-aksi demo damai di wilayah kerjanya KNPB Balim Barat.

Pendinus sebagai ketua KNPB Balim Barat menyatakan bahwa oknum-oknum yang dituduhkan aparat kepolisian terkait keterlibatannya dalam pembunuhan Michelle Kurisi bukan merupakan anggota KNPB Balim Barat.

Baca Juga:  JPU Tuntut Agus Kosay dan Beny Murib Dua Tahun dan Delapan Bulan Penjara

“Saya menegaskan bahwa Person Murib dan enam orang lainnya tidak ada dalam struktur organisasi KNPB yang saya pimpin, melainkan mereka adalah simpatisan KNPB yang ada di luar dari struktur organisasi KNPB Balim Barat.”

Oleh sebab itu, KNPB Balim Barat menyatakan sikapnya;

  1. KNPB Wilayah Balim Barat membantah dan menolak tegas pemberitaan terkait keterlibatan militan KNPB Balim Barat dalam kasus pembunuhan Michelle Kurisi Doga.
  2. KNPB Wilayah secara nasional dan khususnya KNPB Wilayah Balim Barat secara organisasi belum pernah melakukan rapat-rapat organisasi dan mengeluarkan perintah atau instruksi tentang pembunuhan kepada siapapun yang hidup dan tinggal di Lanny Jaya atau Wamena, termasuk pembunuhan saudari Michelle Kurisi Doga.
  3. KNPB Wilayah Balim Barat membantah dan tidak membenarkan ke – 7 oknum yang diduga adalah anggota aktif militan KNPB Wilayah Balim Barat, melainkan mereka adalah masyarakat biasa yang tidak ada dalam struktur organisasi KNPB Balim Barat.
Baca Juga:  Vonis Bebas Haris dan Fatia Disambut Rakyat Meepago dan KNPB, Victor: Hentikan Bisnis Militer di Papua

Terkini

Populer Minggu Ini:

KPU Lanny Jaya Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara

0
“Kami harap kepada 39 distrik yang belum pleno di masing-masing distrik, secepatnya diselesaikan untuk selanjutnya bawa hasilnya ke KPU. Ada satu distrik yang sudah kumpul. Kalau batas waktu lewat, pasti KPU dan Bawaslu bersama keamanan akan turun jemput langsung,” ujar Aminastri Kogoya, ketua KPU kabupaten Lanny Jaya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.