BeritaOlahragaKalahkan Papua Barat 9-0, Tim Sepak Bola Putri Papua Lolos ke PON...

Kalahkan Papua Barat 9-0, Tim Sepak Bola Putri Papua Lolos ke PON XXI Aceh-Sumut

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Tim sepak bola putri pra-PON Papua menang telak atas tim tamu Papua Barat pada leg kedua dengan skor akhir 6-0 tanpa balas, dalam laga babak pra-kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang berlangsung di stadion Mandala, kota Jayapura, Papua, Sabtu (28/10/2023) sore tadi.

Tambahan kemenangan di leg kedua ini menuntaskan perjalanan tim sepak bola putri Papua di babak pra-PON dengan meraih hasil sempurna 9-0 atas Papua Barat dan memastikan diri mengantongi tiket lolos ke PON XXI Aceh-Sumatera Utara tahun 2024 mendatang.

Pada leg kedua, Anitha Isabela Sroyer mencetak hattrick (10’, 23’, dan 25), disusul Feni Binbarek dua gol (20’, 81’), termasuk gol tambahan melalui Marcela Awi menit ke-59.

Baca Juga:  Ramai Rumakiek Beringas, Persipura Sikat Kalteng Putra 2-1

Thomas Alfa Edison Madjar, pelatih kepala sepak bola putri Papua, bersyukur sekaligus mengapresiasi kinerja para pemainnya yang bisa raup kemenangan di leg pertama maupun kedua, sehingga tim bisa lolos ke PON XXI. Meski ada beberapa catatan penting yang perlu menjadi bahan evaluasi kedepan.

“Kemarin di leg pertama saya tidak puas karena mereka bukan sebenarnya. Saya tahu kualitas mereka di beberapa turnamen seperti Pertiwi itu juara. Tetapi yang mereka tunjukkan di lapangan tadi itu sedikit yang ditunjukan, belum 100 persen, jadi masih sedikit,” kata Madjar memberikan keterangan pers usai laga.

Baca Juga:  Skuat Persipura Awali Babak Play-off Degradasi Dengan Berat

Sementara kapten tim Remini Chere Elisabeth Rumbewas mengatakan, pertandingan leg kedua sudah bertanding maksimal yang ditunjukan pemain sesuai arahan pelatih, namun belum sesuai harapan dan itu akan menjadi bahan evaluasi.

“Kita evaluasi dari pertandingan kemarin, beberapa kami sudah tunjukkan belum sepenuhnya, tetapi itu sudah bagian yang sudah kita tunjukkan. Bagian penilaian permainan tim hari ini biar pelatih evaluasi lagi,” kata Rumbewas.

Sementara itu, Joseph Koami Koomsom, pelatih kepala Papua Barat, mengaku kekalahan tersebut akibat cuaca yang dinilai panas, sehingga pemain tidak bermain maksimal.

Baca Juga:  Jamu Kalteng Putra di Stadion Mandala, Ujian Terakhir Persipura

“Cuaca memang tidak mendukung kita, tapi kita menerima kekalahan ini karena ini tim baru jadi tidak bisa salahkan pemain, karena mereka sudah maksimal. Mungkin pra-PON berikut kita lebih siap lagi, apalagi mereka masih muda, bisa lebih baik tetap kita semangat untuk maju dengan sepakbola putri,” tutur Joseph.

Sebelumnya, skuat besutan coach Thomas Madjar menang tiga gol pada leg pertama, Kamis (26/10/2023) yang dicetak Feni Binbarek (54’), Marcela Awi (82’), dan Yuliana Infaidan (16’). []

Terkini

Populer Minggu Ini:

Demi Lindungi Tanah dan Hutan Adat Marga Woro, Hakim PTTUN Manado...

0
LBH Papua menyataka, hal tersebut harus dilakukan dalam rangka melindungi Hak Asasi Manusia khususnya hak atas tanah ulayat dan hutan adat milik marga Woro yang akan hilang akibat putusan perkara nomor 6/G/LH/2023/PTUN JPR yang diambil tanpa mengikuti pedoman mengadili perkara lingkungan hidup serta jelas-jelas melanggar kode etik dan pedoman perilaku hakim.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.