Rilis PersPolda Papua Salurkan Beras dan Mie Instan Kepada Warga Terdampak Bencana di...

Polda Papua Salurkan Beras dan Mie Instan Kepada Warga Terdampak Bencana di Amuma

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Bencana kelaparan yang disebabkan oleh kekeringan dan gagal panen akibat cuaca ekstrem kembali melanda wilayah Papua. Kali ini terjadi di distrik Amuma, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan menjadi korban dari bencana tersebut.

Situasi yang semakin memprihatinkan ini telah menarik perhatian Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri yang dengan cepat memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo menjelaskan bahwa Kapolda Papua akan mengirimkan bantuan berupa 4 ton beras dan mie instan.

Baca Juga:  Hari Konsumen Nasional 2024, Pertamina PNR Papua Maluku Tebar Promo Istimewa di Sejumlah Kota

“Proses pendistribusiannya akan berlangsung melalui kerja sama dengan Tim Gabungan Tanggap Darurat Pemda Yahukimo, yang nantinya dibawa menggunakan helicopter, mengingat akses yang terbatas ke daerah tersebut. Bantuan ini diberikan dalam upaya untuk membantu masyarakat yang tengah menderita kelaparan diduga akibat cuaca ekstrem,” tuturnya.

Menurut informasi yang didapat dari Tim Tanggap Darurat Pemda Yahukimo, sejak bulan Agustus 2023 sampai dengan saat ini terdapat 24 orang meninggal dunia dari 13 Kampung yang terletak di Distrik Amuma dengan penyebab kematian yang bervariasi, yakni akibat sakit dan lansia.

Baca Juga:  ULMWP Himbau Rakyat Papua Peringati 1 Mei Dengan Aksi Serentak

Sementara itu ditempat yang berbeda Kapolda Papua menambahkan, bahwa dalam penyaluran bantuan akan dikawal langsung oleh Personel Polres Yahukimo dan dibantu Tim Tanggap Darurat Pemda Yahukimo.

Ia menambahkan, bahwa pihaknya mendukung penuh pemerintah daerah dalam mengatasi permasalahan kelaparan di Papua, tidak sampai kejadian yang sama terulang di kemudian hari.

“Kami berharap bantuan ini akan memberikan dampak yang signifikan kepada masyarakat yang terdampak, dan Polda Papua akan terus berupaya untuk mendukung pemerintah daerah dalam mengatasi permasalahan kelaparan yang disebabkan oleh cuaca ekstrem dan berbagai faktor lainnya di Papua,” pungkas Irjen Pol. Mathius.

Baca Juga:  Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Lakukan Sidak ke Sejumlah SPBU Sorong

Terkini

Populer Minggu Ini:

61 Tahun Aneksasi Bangsa Papua Telah Melahirkan Penindasan Secara Sistematis

0
“Kami mendesak tarik militer organik dan non organik dari tanah Papua dan hentikan operasi militer di atas tanah Papua. Cabut undang-undang Omnibus law, buka akses jurnalis asing dan nasional seluas-luasnya ke tanah Papua,” pungkasnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.