Papua Tengah Ikut 13 Mata Lomba di Pesparani Katolik Nasional III

0
483
Kontingen Pesparani Katolik Papua Tengah berpose di arena kegiatan, Minggu (29/10/2023). (Ist)
adv
loading...

NABIRE, SUARAPAPUA.com — Meskipun belum genap satu tahun kehadirannya, provinsi baru Papua Tengah terlibat dalam Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik tingkat nasional ketiga yang diselenggarakan di Jakarta, 27 Oktober sampai 1 November 2023.

Fransiskus Xaverius Mote, ketua umum Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik (LP3K) provinsi Papua Tengah, mengatakan, para pemenang dari setiap mata lomba pada Pesparani Katolik perdana di tingkat provinsi Papua Tengah otomatis diutus untuk mengikuti tingkat nasional.

“LP3K provinsi Papua Tengah juga mengambil bagian dalam Pesparani Katolik tingkat nasional yang ketiga di Jakarta,” katanya kepada suarapapua.com, Minggu (29/10/2023).

Menurut Frans, peserta Pesparani Katolik dari provinsi Papua Tengah sebanyak 300 orang telah menuju ke Jakarta untuk mengambil bagian dalam Pesparani Katolik tingkat nasional.

Baca Juga:  Kepala Dinas Pendidikan Dogiyai Tekankan Kerja Kolaborasi Demi Menyiapkan SDM Papua

“Sebanyak itu dari delapan kabupaten di provinsi Papua Tengah yang turut mengikuti kegiatan Pesparani Katolik tingkat nasional.”

ads
FX Mote bersama peserta cerdas cermat rohani remaja (CCR) setelah mengikuti lomba dan siap melaju ke tahap final. (Ist)

Dengan demikian, Papua Tengah merupakan satu dari 38 provinsi yang mengambil bagian dalam Pesparani Katolik nasional ketiga di Jakarta.

Frans menambahkan, kontingen Papua Tengah terlibat dalam semua mata lomba.

Antara lain, paduan suara dewasa campuran, paduan suara Orang Muda Katolik (OMK) campuran, paduan suara dewasa pria gregorian, paduan suara dewasa wanita, paduan suara remaja gregorian, paduan suara anak, Mazmur anak, Mazmur remaja, Mazmur dewasa, Mazmur OMK, tutur Kitab Suci, cerdas cermat rohani anak, dan cerdas cermat rohani remaja.

Baca Juga:  Beberapa Tuntutan TPNPB OPM Kodap VIII Intan Jaya

“Semua kategori ini Papua Tengah ikut, termasuk kategori tambahan yakni kategori pagelaran OMK etnik,” kata FX Mote.

Kontingen Pesparani Katolik Papua Tengah di arena kegiatan, Minggu (29/10/2023). (Ist)

Sebelumnya, LP3K Papua Tengah telah melakukan sejumlah kegiatan antara lain rapat kerja daerah (Rakerda) pertama dalam rangka pelaksanaan Pesparani tingkat provinsi pertama dan tingkat nasional ketiga tahun 2023.

Pesparani Katolik perdana tingkat provinsi Papua Tengah sukses diselenggarakan di Nabire dengan melibatkan peserta dari delapan kabupaten di wilayah provinsi Papua Tengah. Ada 13 mata lomba yang diikuti peserta dari setiap kabupaten.

Baca Juga:  Illegal Logging Masih Marak di Mimika, John NR Gobai: Masyarakat Dapat Apa?

Provinsi DKI Jakarta menjadi tuan rumah Pesparani Katolik tingkat nasional ketiga sesuai keputusan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional (LP3KN) pada penutupan Pesparani Katolik tingkat nasional kedua tahun 2022 lalu di Kupang, provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan sambutan pada pembukaan Pesparani III di Jakarta, Sabtu (28/10/2023). (Kemenag.go.id)

Pesparani Katolik tingkat nasional ketiga diadakan di kawasan wisata Ancol, Jakarta Utara. Dibuka secara resmi oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas, Sabtu (28/10/2023) sore, setelah diawali dengan misa pembukaan dipimpin Kardinal Ignatius Suharyo, Uskup Agung Jakarta.

Rangkaian kegiatannya selama beberapa hari hingga 1 November mendatang. []

Artikel sebelumnyaPj Bupati Jayapura Minta Usut Tuntas Aktor Intelektual
Artikel berikutnyaMembedah Penyesatan Aliran Keyakinan Gerakan Cargo Orang Asli Papua Dalam Buku Koentjaraningrat