PartnersPacific Games Dibuka Dengan Meriah di Solomon Islands, Diawali Sejumlah Pertandingan

Pacific Games Dibuka Dengan Meriah di Solomon Islands, Diawali Sejumlah Pertandingan

Editor :
Elisa Sekenyap

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Pasifik bergemuruh pada Minggu malam di Stadion Nasional yang baru dibangun di Honiara ketika Pacific Games 2023 secara resmi dibuka dalam sebuah upacara yang sesuai dengan acara olahraga utama di kawasan ini.

Pacific Games kali mengusung tema ‘Iumi Na Iumi’ yang berarti ‘Kita dan Kita’.

Upacara pembukaan disaksikan oleh 10.000 penggemar yang memadati stadion dan ratusan serta ribuan orang yang menyaksikan melalui saluran televisi di seluruh Pasifik dan lebih banyak lagi di seluruh dunia melalui platform media sosial.

Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Manasseh Sogavare, menyambut semua orang, dan berterima kasih kepada mereka yang telah mendukung persiapan secara finansial dan menyatakan bahwa Pesta Olahraga ini akan dibuka saat kontingen dari seluruh Samudra Pasifik merayakannya.

Solomon menampilkan tampilan yang menunjukkan keragaman budaya bangsa dan mengisyaratkan bahwa negara ini senang menjadi tuan rumah bagi lebih dari 5.000 atlet dan ofisial dari 24 negara yang berpartisipasi.

“Malam ini, kami mengambil langkah pertama untuk menceritakan kisah kami ke seluruh dunia,” kata Sogavare.

“Pesta Olahraga Pasifik mewakili semangat sejati Pasifik. Pesta ini tidak hanya menampilkan yang terbaik dalam olahraga, tetapi juga memainkan peran penting dalam membangun jembatan ekonomi, sosial, spiritual, dan budaya.”

“Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kemitraan kami dengan negara-negara utama dengan kontribusi dan sponsor yang signifikan yang memungkinkan terselenggaranya Pesta Olahraga ini.”

Presiden Komite Olimpiade Nasional Kepulauan Solomon (NOCSI) Martin Rara juga menyambut hangat  semua partisipan negara yang berpartisipasi.

Baca Juga:  Diperkirakan Akan Ada Banyak Demonstrasi di Kaledonia Baru

Rara berterima kasih kepada semua pihak yang telah menjadi bagian dari perjalanan ini sejak hari pertama.

“Kami telah berusaha keras untuk menciptakan pengalaman yang tak terlupakan bagi semua peserta dan penonton,” katanya.

“Acara ini merupakan perayaan semangat persatuan dan persahabatan. Ingatlah bahwa meskipun memiliki latar belakang dan pengalaman yang berbeda, kita semua bersatu sebagai Kepulauan Pasifik.”

Presiden Pacific Games Council (PGC) Vidhya Lakhan mendesak semua peserta untuk menjadi duta yang baik selama pesta olahraga ini.

“Selamat kepada semua atlet dari semua negara yang berpartisipasi atas terpilihnya Anda untuk berkompetisi di Pacific Games. Sungguh suatu kehormatan dan keistimewaan untuk melakukannya.

“Oleh karena itu, saya mendorong Anda semua untuk menjadi duta yang baik bagi olahraga dan negara Anda,” kata Lakhan.

Beberapa mantan atlet dan bintang Kepulauan Solomon ikut serta dalam estafet final lari estafet pulang sebelum ditempatkan di tempat khusus di kubikal air di dalam stadion.

Tim Papua Nugini yang menempati posisi kedua di Apia pada tahun 2019 akan berusaha untuk menggeser posisi juara Kaledonia Baru di Kepulauan Solomon, 19 November 23. (RNZ Pacific/Junior Maealasia)

Medali Olimpiade untuk diperebutkan
Saat kompetisi dimulai pada hari Senin, negara-negara akan bersaing memperebutkan medali yang sudah tersedia.

Persaingan di cabang olahraga renang dan angkat besi berarti medali sudah akan dimenangkan pada akhir hari.

Ada delapan medali emas yang dipertaruhkan di cabang renang dan 15 medali di cabang angkat besi.

Olahraga lain yang juga dijadwalkan akan dimulai hari ini adalah rugby league sembilan. Berlayar juga akan dimulai pada hari Senin.

Baca Juga:  Gereja Pasifik Desak MSG Keluarkan Indonesia Jika Tidak Memfasilitasi Komisi HAM PBB Ke Papua

Bola voli, sepak bola, bola basket dan tenis telah dimulai pada hari Jumat, 17 November lalu. Berikut ini adalah hasil dari sejumlah pertandingan yang telah ditandingkan.

Bola voli
Hari pembukaan bola voli putri pada Sabut, diwarnai dengan kemenangan bagi Papua Nugini (PNG), Tahiti dan Samoa di Friendship Hall yang penuh sesak.

Tahiti mengalahkan Samoa Amerika 3-1 sebelum PNG dan Kepulauan Solomon memainkan pertandingan lima set yang mendebarkan dengan kemengangan PNG 3-2.

Pada pertandingan putri lainnya di hari, Sabtu, Samoa mengalahkan Tuvalu 3-0.

Pada kompetisi putra, juara bertahan Tahiti mengalahkan Tuvalu dengan set langsung 2-0, Tonga mengalahkan Kiribati 3-0, Samoa melewati Kepulauan Solomon 3-0 dan Fiji mengalahkan Samoa Amerika 3-1.

Pada hari, Jumat, Samoa telah mengamankan kemenangan luar biasa 3-1 atas Kaledonia Baru, Kiribati mengalahkan tuan rumah Kepulauan Solomon 3 – 2 dan Tahiti menang dengan 3 set untuk 1 atas tim Fiji.

Tim Tuvalu pada upacara pembukaan Pesta Olahraga Pasifik ke-17 di Kepulauan Solomon, pada 19 November 2023. (RNZ Pacific/Junior Maealasia

Bola Basket
Dalam sebuah pertandingan yang menegangkan, Tonga berhasil mengalahkan Kaledonia Baru 82-80 dalam pertandingan bola basket putra yang menegangkan di Honiara’s Friendship Hall pada hari Sabtu.

Pertarungan Melanesia melihat PNG mengalahkan Kepulauan Solomon 81-34, sementara Fiji terbukti terlalu kuat untuk Tahiti, menang 70-45. Tim putri Fiji mengalahkan Solomon 82-43.

Pada hari Jumat, Kepulauan Cook mengalahkan Tonga 76-44 dan Tahiti mengalahkan PNG 84-38.

Pada pertandingan pembuka putra pada hari Jumat, Samoa mengalahkan Kepulauan Solomon 56-49.

Sepak Bola
Tim sepak bola putra Kaledonia Baru menghancurkan Tonga 7-0 sementara Fiji menghajar Kepulauan Mariana Utara 10-0, dengan penyerang bintang Roy Krishina masuk dalam daftar pencetak gol dengan hat-trick.

Baca Juga:  Ancaman Bougainville Untuk Melewati Parlemen PNG Dalam Kebuntuan Kemerdekaan

Pada sepak bola wanita di Stadion Lawson Tama pada hari Sabtu, Samoa mencatat kemenangan mendebarkan 3-2 atas Tahiti, Kepulauan Solomon mengalahkan Vanuatu 1-0, sementara PNG memulai kampanye mereka pada hari Jumat dengan menggasak Samoa Amerika dengan skor 9-0.

Kaledonia Baru bangkit dari ketertinggalan dua kali untuk mengalahkan Kepulauan Cook 5-2.

Solomon memulai kompetisi sepak bola putra dengan kemenangan 1-0 yang susah payah melawan Samoa.

Tenis
Media Pacific Games melaporkan bahwa tim putri Kepulauan Solomon masih belum terkalahkan di cabang olahraga tenis dengan mengalahkan Vanuatu 3-0 di National Tennis Centre Honiara pada hari Sabtu, menyusul kemenangan di hari pembukaan atas Fiji.

Pada pertandingan beregu putri lainnya pada hari Sabtu, Samoa mengalahkan Kepulauan Cook 3-0 dan Papua Nugini (PNG) mengalahkan Nauru 3-0.

Pada pertandingan tim putra, Tahiti mengalahkan Vanuatu 3-0, Fiji mengalahkan Kepulauan Solomon 3-0, Tuvalu mengalahkan Nauru 3-0, Kaledonia Baru mengalahkan Kepulauan Cook 3-0 dan PNG mengalahkan Tonga 3-0.

Pada pertandingan beregu putra hari Jumat, Guam mengalahkan Tonga 3-0, Samoa mengalahkan Kepulauan Solomon 2-1, Kaledonia Baru mengalahkan Tuvalu 3-0 dan Kepulauan Cook mengungguli Nauru 2-1.

Pada pertandingan beregu putri, Guam mengalahkan Kepulauan Cook 3-0, Tonga mengalahkan Nauru 3-0, Kepulauan Solomon mengalahkan Fiji 3-0 dan Tahiti mengalahkan Vanuatu 3-0.

Terkini

Populer Minggu Ini:

AMAN Sorong Malamoi Gelar Musdat III di Wonosobo

0
“Kita harus berkomitmen untuk jaga dan lindungi tanah adat untuk keberlanjutan hidup generasi kita,” kata Yulius kepada suarapapua.com pada 30 April 2024.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.