Komite Nasional Papua BaratRayakan HUT ke-15 KNPB, Agus Kossay: Kita Semua Tetap Satu Papua!

Rayakan HUT ke-15 KNPB, Agus Kossay: Kita Semua Tetap Satu Papua!

Editor :
Elisa Sekenyap

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Perayaan Hut Komite Nasional Papua Barat (KNPB) yang ke-15 tahun 2023 (19 November 2008 – 19 November 2023) dirayakan dengan berbagai kegiatan, mulai dari ibadah syukur dan kegiatan lainnya.

Tema yang diusung KNPB pada Hut ke-15 tahun 2023 adalah ‘didiklah rakyat menjadi pejuang’. Tema itu menjadi tema sentral bagi seluruh organisasi KNPB di pusat hingga di wilayah dan konsulat.

Perayaan serupa juga dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Abepura oleh Ketua KNPB Pusat, Agus Kossay, Sekjen KNPB Wilayah Numbay Beny Murib bersama rakyat Papua di Lapas Abepura pada, Minggu (19/11/2023).

Baca Juga:  Senin Pekan Depan KNPB Ajak Rakyat Papua Gelar Aksi Solidaritas untuk Kanaky

Perayaan itu dilaksanakan dengan diskusi lepas yang dimulai pukul 15:47 WIT hingga selesai dan dilanjutkan dengan pemotongan kue Hut KNPB ke-15 tahun 2023.

Agus Kossay, Ketua KNPB Pusat mengajak generasi muda Papua untuk membangun persatuan demi terwujudnya hak penentuan nasib sendiri tanpa ada berbedaan.

“Kita semua harus menjadi satu Papua. Sesuai dengan tema nasional kita yaitu didiklah rakyat menjadi pejuang,” tukasnya.

Baca Juga:  KNPB Gelar Aksi Pemasangan Lilin Mengenang 12 Tahun Kematian Musa Mako Tabuni

Serupa disampaikan Sekjen KNPB Wilayah Numbay, Beny Murib yang mana mengajak “kita semua sedang menjadi korban perlakuan hukum yang rasis, sehingga kami dipenjarakan tanpa mempertimbangkan nilai-nilai kemanusiaan.”

Baca Juga:  Dukung Kanaky Bebas Dari Prancis, KNPB Gelar Aksi di Jayapura

“Sehingga ketika kita bebas dari sini [lembaga] jangan lupa menyuarakan hak penentuan nasib sendiri Papua,” tukas Murib.

Ditempat terpisah, Jubir KNPB Wilayah Sorong Raya, Klarce Fees mengatakan Hut KNPB ke- 15 merupakan usia yang dewasa.

“Maka kita mampu memahami tujuan perjuangan yang sejati. Sebagai seorang pejuang kita sendiri harus benar-benar memiliki kesadaran.”

“Dalam proses perjuangan, membentuk kesadaran rakyat membutuhkan pejuang yang berjuang dengan iman, kepercayaan dan yakinlah bahwa proses perjuangan Papua merdeka selalu dilandasi dengan doa,” pungkas Fees.

Terkini

Populer Minggu Ini:

Kunker ke Distrik Wandae, Pj Bupati Serahkan BLT Kemensos

0
“Dana BLT yang saya sendiri antar sampai di Wandae ini adalah dana BLT dari Kementerian Sosial yang disalurkan lewat Dinas Sosial Kabupaten Intan Jaya. Kalau tahap I sudah disalurkan beberapa waktu lalu. Dan ini adalah BLT tahap II,” ungkap Pj Bupati Intan Jaya di lapter Perintis Mbugulo, distrk Wandae, Kab. Intan Jaya, Papua Tengah.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.