Tanah PapuaMamtaHarapan Danlanud SPR Saat Coffee Morning dengan Wartawan

Harapan Danlanud SPR Saat Coffee Morning dengan Wartawan

SENTANI, SUARAPAPUA.com — Komandan Lanud Silas Papare (Danlanud SPR) Jayapura, Marsekal Pertama TNI Indan Gilang Buldansyah beserta para kepala dinas dan para pejabat Lanud Silas Papare menggelar coffee morning dengan sejumlah jurnalis, Kamis (30/11/2023) di VIP Room Venue Rugby, Lanud Silas Papare, Sentani, kabupaten Jayapura, Papua.

“Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih banyak kepada para wartawan karena telah hadir memenuhi undangan kami untuk bertatap muka langsung dalam acara coffee morning ini,” kata Gilang.

Sembari memperkenalkan sebagai Komandan Lanud (Danlanud) Silas Papare yang baru satu bulan menjabat menggantikan Marsma TNI M Dadan Gunawan, Gilang juga memperkenalkan para pejabat Lanud Silas Papare.

“Saya baru saja menyelesaikan pendidikan PPSA XXIV Lemhanas RI merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1995. Pernah menjabat sebagai kepala dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispen AU) pada periode 2020 sampai 2022, Danlanud Adi Sumarno Solo pada tahun 2018 dan Danlanud Wiriadinata Tasikmalaya pada tahun 2012,” jelasnya.

Baca Juga:  Pembangunan RS UPT Vertikal Papua Wajib Perhatikan Dampak Lingkungan

Danlanud SPR juga memiliki latar belakang sebagai penerbang helikopter.

“Dari Skadron Udara 6 Wing 4 Lanud Atang Sanjaya, Bogor, dan alumni sekolah penerbang angkatan 54 dan sekolah instruktur penerbang angkatan 56, serta pernah melaksanakan tugas penerbangan di wilayah Papua pada periode tahun 1998 sampai dengan 2007.”

Gilang menjelaskan, tugas Pangkalan TNI AU Silas Papare untuk menyiapkan dan melaksanakan pembinaan dan pengoperasian seluruh satuan dalam jajarannya, pemberdayaan wilayah pertahanan udara, dan menyelenggarakan dukungan operasi bagi satuan lainnya.

“Pangkalan TNI AU Silas Papare adalah satuan pelaksana Koopsud III yang berkedudukan langsung dibawah Pangkoopsud III. Tengtunya menjadi Lanud yang handal dalam melaksanakan upaya mengantisipasi tuntutan tugas pokok dan tuntutan perkembangan situasi,” tuturnya.

Baca Juga:  Inilah Sikap Resmi KNPB Terhadap Agenda Pemilu 2024

Selain itu, kehadiran Lanud Silas Papare Jayapura harus mampu memberi manfaat bagi warga Papua dan mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan Papua.

“Coffee morning ini bertujuan untuk mempererat jalinan silaturahmi antara insan pers yang ada di kabupaten maupun kota Jayapura dengan TNI Angkatan Udara, khususnya Lanud Silas Papare,” ujar Gilang.

Jalinan silahturahmi tersebut diharapkan berjalan dengan baik.

“Harapan saya, kita dengan rekan-rekan media online maupun media cetak akan saling berkoordinasi, saling berkomunikasi. Tentu saja kita saling bertukar pikiran atau bertukar berita (informasi), media apapun itu mau media cetak, media online atau televisi, kita harus berkomunikasi dengan baik, berkoordinasi, untuk menyampaikan berita yang memang semestinya kita beritakan untuk masyarakat luas ketahui,” tutur Danlanud.

Ia menambahkan, perkembangan media jurnalistik hingga kini sudah semakin maju. Oleh karenanya, jurnalis mesti menyampaikan berita-berita positif kepada publik.

Baca Juga:  Jelang Pemilu 2024, Toko Miras di Kabupaten Jayapura Harus Ditutup

“Dalam pemberitaannya memberikan edukasi kepada masyarakat, dengan menyajikan data dan fakta yang aktual,” harap Indan.

Bagi Danlanud SPR, media dalam hal ini wartawan merupakan teman yang wajib dirangkul untuk menginformasikan apa yang seharusnya diinformasikan kepada seluruh masyarakat.

“Artinya, media tugasnya untuk mencerdaskan masyarakat, tentunya hal ini dapat dilakukan jika proses pengumpulan hingga pemberitaan dikerjakan dengan objektif, faktual dan berimbang dengan narasumber yang berkompeten di bidangnya. Masyarakat harus diedukasi melalui media, tentunya lewat berita-berita yang disajikan oleh teman-teman wartawan di masing-masing media,” pungkasnya.

Diketahui, Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menjabat sebagai Danlanud SPR setelah pada Sabtu (28/10/2023) lalu, dilantik oleh Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) III Marsda TNI Donald Kasenda. []

Terkini

Populer Minggu Ini:

Politik Praktis dan Potensi Fragmentasi Relasi Sosial di Paniai

0
Politik praktis ini sebagai satu momentum yang disediakan ruang kepada rakyat, sebagai pemilik pesta atau kegiatan rakyat untuk menentukan nasib hidup ke depannya, dengan memperhatikan masa lalu dan kini atas situs-situs potret HAM yang akan melibatkan dan diatur melalui urusan-urusan atau putusan-putusan dan perjuangan pemimpin mereka yang akan terpilih.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.