Komite Nasional Papua BaratPeringati Hari Trikora, Mahasiswa Papua dan KNPB di Sulut Gelar Aksi Damai

Peringati Hari Trikora, Mahasiswa Papua dan KNPB di Sulut Gelar Aksi Damai

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Memperingati hari Tiga Komando Rakyat (Trikora) oleh Sukarno pada 19 Desember 1961 di Jogya, Mahasiswa Papua dan KNPB Konsulat Indonesia menggelar aksi damai di Kantor DPRD Kota Tomohon, Sulawesi Utara pada, Selasa (19/12/2023).

Aksi itu dilakukan mahasiswa Papua dan KNPB Konsulat Indonesia dengan tema ‘Papua Barat Adalah Negara Berdaulat’.

“Maka kami mahasiswa dan KNPB Konsulat Indonesia bersama 4 Konsulat Wilayah KNPB, yaitu KNPB Wilayah Konsulat Tomohon, KNPB Wilayah Konsulat Nyiur Melambai Manado, KNPB Wilayah Konsulat Minahasa Raya dan  KNPB Wilayah Konsulat Minahasa Utara melakukan aksi damai menuntut kembalikan kemerdekaan bangsa Papua yang direbut melalui dekrit pertama Presiden Ir. Sukarno yang dikomandoi dengan Tri Komando Rakyat,” kata Hubert Hilapok, koordinator aksi dalam pernyataannya kepada suarapapua.com.

Baca Juga:  Pemkab Yahukimo dan PGGJ Diminta Perhatikan Keamanan Warga Sipil

Dalam aksi itu kata Hubert, massa aksi mulai kumpul sesuai ajakan dalam selebaran yang dibagikan koordinator lapangan (korlap) di Asrama Mahasiswa Papua Kamasan VIII di Tomohon.

Pada pukul 8 pagi waktu setempat, massa aksi menuju ke Kantor DPRD Kota Tomohon pada pukul 11.20 WITA. Dalam perjalanan menuju kantor DPRD dikawal aparat TNI dan Polri.

Baca Juga:  DPRP dan MRP Diminta Membentuk Pansus Pengungkapan Kasus Penganiayaan di Puncak

Setibanya di Kantor DPRD Kota Tomohon kata Hubert, pihaknya melakukan orasi politik yang disampaikan oleh setiap perwakilan 7 wilayah adat di tanah Papua.

“Setelah itu pengurus KNPB Konsulat Indonesia membacakan stetemen politik yang disiapkan secara umum.”

Usai menyampaikan aspirasi kepada pihak DPRD Kota Tomohn yang diterima pihak Sekwan DPRD Kota Tomohon pada pukul 12.10 WITA, massa aksi secara tertib meninggalkan kantor DPRD dan kembali ke Asrama Kamasan VIII Tomohon.

Baca Juga:  Mahasiswa Yahukimo di Yogyakarta Desak Aparat Hentikan Penangkapan Warga Sipil

Terkini

Populer Minggu Ini:

ULMWP Himbau Rakyat Papua Peringati 1 Mei Dengan Aksi Serentak

0
“ULMWP sebagai wadah koordinatif gerakan rakyat, siap bertanggung jawab penuh atas semua rangkaian aksi yang dilakukan dalam bentuk apa pun di hadapkan kolonialisme Indonesia dan dunia Internasional.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.