Komite Nasional Papua BaratPeringati Hari Trikora, Mahasiswa Papua dan KNPB di Sulut Gelar Aksi Damai

Peringati Hari Trikora, Mahasiswa Papua dan KNPB di Sulut Gelar Aksi Damai

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Memperingati hari Tiga Komando Rakyat (Trikora) oleh Sukarno pada 19 Desember 1961 di Jogya, Mahasiswa Papua dan KNPB Konsulat Indonesia menggelar aksi damai di Kantor DPRD Kota Tomohon, Sulawesi Utara pada, Selasa (19/12/2023).

Aksi itu dilakukan mahasiswa Papua dan KNPB Konsulat Indonesia dengan tema ‘Papua Barat Adalah Negara Berdaulat’.

“Maka kami mahasiswa dan KNPB Konsulat Indonesia bersama 4 Konsulat Wilayah KNPB, yaitu KNPB Wilayah Konsulat Tomohon, KNPB Wilayah Konsulat Nyiur Melambai Manado, KNPB Wilayah Konsulat Minahasa Raya dan  KNPB Wilayah Konsulat Minahasa Utara melakukan aksi damai menuntut kembalikan kemerdekaan bangsa Papua yang direbut melalui dekrit pertama Presiden Ir. Sukarno yang dikomandoi dengan Tri Komando Rakyat,” kata Hubert Hilapok, koordinator aksi dalam pernyataannya kepada suarapapua.com.

Baca Juga:  Kampanye Pemilu Damai di Tanah Papua Adalah Upaya Negara Mempertahankan Kekuasaan

Dalam aksi itu kata Hubert, massa aksi mulai kumpul sesuai ajakan dalam selebaran yang dibagikan koordinator lapangan (korlap) di Asrama Mahasiswa Papua Kamasan VIII di Tomohon.

Pada pukul 8 pagi waktu setempat, massa aksi menuju ke Kantor DPRD Kota Tomohon pada pukul 11.20 WITA. Dalam perjalanan menuju kantor DPRD dikawal aparat TNI dan Polri.

Baca Juga:  KNPB Konsulat Indonesia Apresiasi Vonis Bebas Fatia dan Haris

Setibanya di Kantor DPRD Kota Tomohon kata Hubert, pihaknya melakukan orasi politik yang disampaikan oleh setiap perwakilan 7 wilayah adat di tanah Papua.

“Setelah itu pengurus KNPB Konsulat Indonesia membacakan stetemen politik yang disiapkan secara umum.”

Usai menyampaikan aspirasi kepada pihak DPRD Kota Tomohn yang diterima pihak Sekwan DPRD Kota Tomohon pada pukul 12.10 WITA, massa aksi secara tertib meninggalkan kantor DPRD dan kembali ke Asrama Kamasan VIII Tomohon.

Baca Juga:  Pengurus KNPB Tage Mogoutouda Dilantik, Siap Bekerja Demi Rakyat

Terkini

Populer Minggu Ini:

KPU Lanny Jaya Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara

0
“Kami harap kepada 39 distrik yang belum pleno di masing-masing distrik, secepatnya diselesaikan untuk selanjutnya bawa hasilnya ke KPU. Ada satu distrik yang sudah kumpul. Kalau batas waktu lewat, pasti KPU dan Bawaslu bersama keamanan akan turun jemput langsung,” ujar Aminastri Kogoya, ketua KPU kabupaten Lanny Jaya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.