ADVERTORIALIntan Jaya BangkitMeningkatkan Kenyamanan Masyarakat, Pj Bupati Intan Jaya Kunjungi Pasar Borong Jualan Mama-mama

Meningkatkan Kenyamanan Masyarakat, Pj Bupati Intan Jaya Kunjungi Pasar Borong Jualan Mama-mama

Editor :
Elisa Sekenyap

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Penjabat (Pj) Bupati Intan Jaya, Apolos Bagau didampingi kepala Dinas Catatan Sipil, Dinas Kesehatan, Dinas Penanaman Modal, beserta TNI dan Polri telah bertemu dengan masyarakat di pasar Yokatapa, distrik Sugapa. Tujuannya membeli hasil jualan mama-mama Papua di pasar Yokatapa, Jumat (2/2/2024).

Kegiatan tersebut dilakukan pihak Pemkab Intan Jaya guna memberikan kenyamanan bagi masyarakat pasca kontak tembak yang terjadi sejak tanggal 19-24 Januari 2024.

Usai belanja, Pj Bupati menjelaskan, belanja jualan masyarakat di pasar Yokatapa yang  terletak di pusat ibu kota kabupaten Intan Jaya bertujuan untuk menekan inflasi, memberikan kenyamanan dan menciptakan suasana yang kondusif pasca kontak senjata di sekitar Sugapa sejak 19 Januari 2024.

“Hari ini saya sebagai penjabat bupati bersama satuan keamanan dan ASN yang ada di Intan Jaya bersama belanja jualan mama-mama di pusat pasar Yokatapa supaya memberikan motivasi, rasa aman, dan ketenangan kepada masyarakat yang belakangan ini hidup dalam ketakutan,” jelasnya saat memberikan keterangan di Yokatapa, Sugapa.

Baca Juga:  Pj Bupati Intan Jaya dan Masyarakat Gelar Natal Tahun Baru Bersama di Kampung
Pj Bupati Intan Jaya, Apolos Bagau, ST saat beli jualan hasil bumi dari mama-mama Papua di pasar Yokatapa, distrik Sugapa, kabupaten Intan Jaya pada Jumat 2 Februari 2024. (Dok. Humas Setda Intan Jaya)

Menurutnya, dengan kehadiran pemerintah di tengah masyarakat diharapkan dapat menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat.

“Kami semua berkomitmen dan bersinergi menciptakan perdamaian pasca konflik dan puji Tuhan hari ini kita bersama hadir dan meramaikan pusat pasar ini,” ujarnya.

Lanjut Apolos Bagau, dengan kehadiran pemerintah daerah dan ASN di Intan Jaya dapat juga mengatasi isu inflasi yang terjadi.

“Selain menciptakan suasana damai, dengan cara ini kami juga mengatasi inflasi yang terjadi di Intan Jaya dan nasional pada umumnya,” kata Bagau.

Pada kesempatan itu Pj Bupati mengapresiasi usaha dan kinerja semua pihak yang telah memulihkan kembali seluruh aktivitas di kabupaten Intan Jaya.

Baca Juga:  Semua Pihak di Intan Jaya Sepakat Tolak Eksploitasi Blok Wabu dan Hentikan Pembangunan Patung Yesus

“Saya sampaikan apresiasi terutama kepada TNI, Polri, dan ASN yang ada, juga tokoh-tokoh Gereja, dan semua tokoh masyarakat yang sudah memulihkan daerah Intan Jaya ini,” ucapnya.

Pj Bupati Intan Jaya, Apolos Bagau, ST saat beli jualan hasil bumi dari mama-mama Papua di pasar Yokatapa, distrik Sugapa, kabupaten Intan Jaya pada Jumat 2 Februari 2024. (Dok. Humas Setda Intan Jaya)

Terkait agenda Pemilu yang akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024, Penjabat Bupati Intan Jaya mengajak semua pihak  tetap menjaga keamanan agar pesta demokrasi dapat diselenggarakan dengan baik, lancar dan sukses.

“Pada saat ini saya mengajak seluruh masyarakat, aparat keamanan dan semua tokoh agar tetap menjaga keamanan diri dan daerah agar kita bisa melaksanakan agenda nasional yaitu Pemilu dan Pileg di kabupaten Intan Jaya dengan baik dan sukses,” harapnya.

Kehadiran Pj Bupati Apolos Bagau beserta rombongan di pasar Yogatapa mendapat pujian dan apresiasi dari masyarakat.

“Kami mama-mama yang jualan senang sekali kalau bapa bupati [pemerintah] beli kami punya jualan. Kalau seperti begini terus di daerah ini, kami senang untuk untuk kerja di kebun dan tanam, karena hasil pasti terjual habis,” kata mama Rio Japugau saat jualannya dibeli Pj Bupati di pasar Yokatapa.

Baca Juga:  Dukung Konferensi GKII Daerah Sugapa, Pemkab Intan Jaya Hibahkan Bantuan Dana
Pj Bupati Intan Jaya, Apolos Bagau, ST saat beli jualan hasil bumi dari mama-mama Papua di pasar Yokatapa, distrik Sugapa, kabupaten Intan Jaya pada Jumat 2 Februari 2024. (Dok. Humas Setda Intan Jaya)

Turut mendampingi Pj Bupati Intan Jaya belanja jualan mama-mama di pasar, Ny. Ancela Sondegau, S.Ip; kepala Dinas Dukcapil, Alpius Nambagani, S.Ip; kepala Dinas Kesehatan, Agustinus Bagau, S.KM, kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Fence Patty, S.Ip, M.Si; Danramil 1705-08/Sugapa, Letda Inf Ebenhaezer Situmorang, kepala Kepolisian Sektor Sugapa Ipda Engel Mayor, serta sejumlah ASN yang ada di Sugapa.

Pada pekan lalu, Pj Bupati juga telah turun ke pasar untuk belanja seluruh jualan hasil bumi dari mama-mama. []

Terkini

Populer Minggu Ini:

ANZ Mengantisipasi Pertumbuhan Populasi Fiji Seiring Melambatnya Migrasi Ke Luar Negeri

0
"Kekhawatiran jangka panjang adalah perlambatan pertumbuhan populasi yang terus-menerus (dari 2,12% selama 1966-1976 menjadi 0,55% selama 2007-17). Jika hal ini terus berlanjut, maka akan menciptakan kekurangan tenaga kerja," tulis mereka.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.