Tanah PapuaMeepagoLima Komisioner KPU Deiyai Terpilih Dilantik, Pemilu Siap Diselenggarakan

Lima Komisioner KPU Deiyai Terpilih Dilantik, Pemilu Siap Diselenggarakan

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Seiring berakhirnya masa jabatan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Deiyai periode 2019-2024 per 3 Februari 2024, lembaga penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) itu akhirnya terisi setelah lima calon komisioner terpilih dilantik KPU RI di Jakarta, Sabtu (3/2/2024) kemarin.

Usai pelantikan bersama 140 anggota KPU kabupaten/kota pada 29 kabupaten/kota dari 9 provinsi di Indonesia untuk periode 2024-2029, lima komisioner terlantik menggelar rapat pleno pemilihan ketua dan divisi. Terpilih sebagai ketua Yulianus Mote, S.I.Kom.

“Proses pemilihan ketua dan divisi terkait dilakukan dalam satu rapat pleno setelah kami dilantik. Tentu dengan mendasari mekanisme sesuai peraturan perundang-undangan. Pleno sudah berlangsung baik dan tidak ada masalah. Selanjutnya kami tinggal kerja saja,” kata Yulianus Mote menjawab konfirmasi suarapapua.com, Minggu (4/2/2024) siang.

Baca Juga:  Proteksi OAP, FOPERA Desak KPU RI Menerbitkan PKPU Khusus Pelaksanaan Pemilu di Tanah Papua

Yulianus Mote kembali memimpin KPU kabupaten Deiyai periode 2024-2029 setelah periode sebelumnya juga memimpin lembaga penyelenggara Pemilu itu per 12 Juni 2023 menggantikan Oktovianus Takimai yang terpilih sebagai komisioner KPU provinsi Papua Tengah.

Dengan terisinya lembaga KPU kabupaten Deiyai, selanjutnya siap melanjutkan program dan tahapan Pemilu serentak 2024.

“Setelah pelantikan ini kami langsung kembali ke Deiyai untuk melanjutkan tahapan Pemilu,” kata Yulianus.

Pada prinsipnya, komisioner KPU kabupaten Deiyai yang baru dilantik menurut Yulianus Mote, siap menyelenggarakan Pemilu 2024 yang puncaknya jatuh pada tanggal 14 Februari mendatang.

Baca Juga:  YAPMI Berikan Sarana Air Bersih Bagi Warga Distrik Agandugume dan Lambewi

“Tinggal 10 hari lagi sudah harus pungut hitung suara. Kami (KPU) setelah dilantik sudah harus kembali ke daerah untuk laksanakan Pemilu serentak tahun 2024,” lanjutnya.

Selain Pemilu serentak 14 Februari 2024, pihaknya juga diberi tugas utama yakni menyelenggarakan Pilkada serentak 2024 pada 27 November 2024.

“Kami lima komisioner KPU kabupaten Deiyai siap selenggarakan Pemilu maupun Pilkada. Tentunya kami membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Dukung kami untuk sukseskan dua pesta demokrasi ini,” pinta Mote.

Dari hasil pleno usai pelantikan, diketahui, Yulianus Mote, selain ketua KPU kabupaten Deiyai periode 2024-2029, juga dipercayakan mengembang Divisi keuangan, umum, dan logistik.

Sementara, empat anggota lainnya, masing-masing Oktovianus Pekei (Divisi teknis penyelenggaraan), Laorensius Adii (Divisi sumber daya manusia, partisipasi masyarakat, sosialisasi, dan pendidikan pemilih), Melianus Pekei (Divisi perencanaan data dan informasi), serta Yance Adii (Divisi hukum dan pengawasan).

Baca Juga:  Pergeseran Logistik Pemilu Untuk Kota Sorong Akan Dilakukan Pada H-1

Khusus pembentukan koordinator wilayah (Korwil), jelas Yulianus, akan diselesaikan segera.

“Masih ada waktu untuk kami melengkapi Korwil. Setelah tiba di Deiyai, pasti kami bentuk Korwil,” imbuhnya seraya mengaku sedang fokus dengan logistik Pemilu 2024.

Sedikitnya 145 anggota KPU kabupaten/kota dilantik berdasarkan surat keputusan (SK) KPU RI nomor 153-181 tahun 2024 tentang pengangkatan anggota KPU kabupaten/kota pada 29 kabupaten/kota di 9 provinsi periode 2024-2029. Pelantikan dipimpin langsung Hasyim Asy’ari, ketua KPU RI. []

Terkini

Populer Minggu Ini:

PSBS Siap Menuju Liga 1 Usai Ambil Satu Poin di Aceh

0
“Puji Tuhan, kami bisa raih satu poin di kandang Persiraja pada sore ini. Kita lihat tadi perjuangan para pemain kami memang sangat luar biasa. Saya sangat mengapresiasi mereka,” ucap Aditya saat sesi konferensi pers usai laga di Stadion Langsa, Aceh, Minggu (25/2/2024) sore.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.