BeritaOlahragaDi Tempat Ferry Pahabol Latihan, Pemkab Yahukimo akan Bangun Stadion

Di Tempat Ferry Pahabol Latihan, Pemkab Yahukimo akan Bangun Stadion

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com — Pemerintah Kabupaten Yahukimo programkan pembangunan stadion sepakbola di lapangan yang dulunya biasa dipakai oleh Ferry Pahabol berlatih sebelum menjadi pemain profesional.

Ya, lapangan berbatuan di Dekai, Kabupaten Yahukimo, itu akan dibangun stadion dan gedung olahraga (GOR). Ini setelah tim dari Kementerian Pemuda dan Olahraga melihat langsung lokasi usai tatap muka dengan pemerintah daerah, Sabtu (20/5/2017) lalu di Dekai.

“Beberapa turnamen sepakbola dan kegiatan olahraga biasa diadakan di lapangan ini. Lapangan sepakbola yang mau dibangun ini dulunya tempat Ferry Pahabol yang sekarang pemain Persipura, biasa latihan. Jadi, di sini kita akan bangun stadion dan GOR,” kata Andreas Gobai, kepala dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Yahukimo.

Baca Juga:  Hajar Semen Padang 3-0, PSBS Biak Kunci Juara Liga 2

Pembangunan stadion dan GOR akan dikerjakan tahun depan. Untuk tahun ini, sesuai pembicaraan dengan tim Kemenpora, difokuskan beberapa sarana olahraga. Antara lain, lapangan tenis, lapangan volly, kolam renang, dan beberapa fasilitas lainnya.

Anan Kosim, kepala bidang sarana prasarana dan infrastruktur olahraga Kemenpora saat berkunjung ke Dekai, mengatakan, perlu dahulukan pembangunan skala kecil mengingat sekarang sudah bulan kelima, dana yang ada di Kemenpora jangan sampai dikembalikan ke kas negara.

“Maka, baiknya kita utamakan yang kecil. Kalau GOR dan stadion, Pemda bisa ajukan proposal untuk tahun anggaran 2018,” tuturnya.

Baca Juga:  Manajer RANS FC Kembali Merumput, Kok Bisa?

Kata dia, pertimbangannya karena dalam waktu dekat tidak mungkin selesai bangun GOR maupun stadion.

“Faktor pendukungnya adalah lahan. Di sini sudah ada lahan atau lokasinya. Ini luar biasa, supaya nanti pembangunannya lancar dikerjakan,” imbuh Kosim.

Andreas Gobai menjelaskan, karena lokasi sudah siap, terletak di jantung kota, harapan semua pihak segera memiliki lapangan sepakbola yang representatif akan terjawab. Untuk itu, pihaknya minta dukungan masyarakat dan berbagai kalangan.

Dari dua lapangan yang ada, kepada tim Kemenpora dari Jakarta, Gobai menunjukkan langsung lokasi tersebut. “Bisa lihat, mana yang layak dan cepat dibangun. Harapan kami, lokasi pembangunannya di jantung kota, ini juga sesuai master plan yang sudah kami atur,” tuturnya.

Baca Juga:  Leg Kedua Sore Ini di Biak, Persiraja Siap Dipulangkan PSBS

Selain target mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2020, kata dia, lapangan sepakbola maupun GOR tersebut multi-fungsi. Dengan stadion, turnamen sepakbola bisa diadakan secara rutin. Hasil dari itu diyakini akan muncul pesepakbola berbakat dari Yahukimo.

“Semoga ada Ferry-Ferry baru lahir dari lapangan ini nantinya,” kata Gobai.

 

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Arnold Belau

 

Terkini

Populer Minggu Ini:

ULMWP Himbau Rakyat Papua Peringati 1 Mei Dengan Aksi Serentak

0
“ULMWP sebagai wadah koordinatif gerakan rakyat, siap bertanggung jawab penuh atas semua rangkaian aksi yang dilakukan dalam bentuk apa pun di hadapkan kolonialisme Indonesia dan dunia Internasional.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.