Bagi Selebaran, 14 Aktivis KNPB Mnukwar Sempat Ditangkap Aparat Polda Papua Barat

0
2394

NABIRE, SUARAPAPUA.com— Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Mnukwar melaporkan, pada 26 November 2016 aparat kepolisian dari Polda Papua Barat telah menangkap 14 aktivis KNPB saat membagikan selebaran seruan untuk 1 Desember 2016 sekitar pukul 13.00 WP.

Penangkapan terhadap 14 aktivis KNPB dikabarkan dilakukan oleh aparat dari Polres Manokwari dengan menggunakan satu truk dan dua mobil patroli. Dan penangkapan itu terjadi di perempatan jalan lampu merah Wosi, ketika sedang membagikan selebaran kepada masyarakat.

Baca Juga:  Soal Pembentukan Koops Habema, Usman: Pemerintah Perlu Konsisten Pada Ucapan dan Pilihan Kebijakan

Dijelaskan, selebaran yang dibagikan kepada seluruh masyarakat di Manokwari adalah pertama terkait seruan 1 Desember yang dikeluarkan Badan Pengurus KNPB Pusat dan kedua tentang putusan negara-negara melanesia untuk mendukung keanggotan penuh ULMWP di KTT MSG.

Baca: KNPB: Rakyat Papua Wajib Rayakan 1 Desember Sebagai Hari Bersejarah

Dijelaskan juga, sebelum penangkapan itu terjadi, pihaknya memulai membagi selebaran dari sekertariat KNPB Amban menuju pasar Wosi dan berakhir di perempatan lampu merah Wosi selama kurang lebih 2 jam.

ads
Baca Juga:  Usut Tuntas Oknum Aparat yang Diduga Aniaya Warga Sipil Papua

Ke-14 aktivis KNPB tersebut dibebaskan sekitar pukul 12.00  malam Waktu Papua Barat. Mereka yang ditangkap tersebut adalah Alexander Nekenem, Maikel Asso, Eko Taplo, Uten Balingga, Yunes Pagawak, Landi Walianggen, Yemina Balingga, Yunus Aliknoe, Naos Itlay, Elepuinus Gombo, Fata Marinand, Demianus Kerebea,  Nus Sama dan Dolpi Hisage.

Sekretaris umum KNPB Pusat, Ones Suhuniap saat dikonfirmasi media ini di Jayapura, ia membenarkan adanya penangkapan 14 aktivis KNPB saat hendak bagi selebaran di Manokwari pada 26 November lalu.

Baca Juga:  Soal Satu WNA di Enarotali, Begini Kata Pakum Satgas dan Kapolres Paniai

“Benar. Kami sudah dapat informasi. Dan jumlah aktivis KNPB yang ditangkap sebanyak 14 orang. Itu hanya ditangkap saat bagikan selebaran himbauan. Yang jelas KNPB bersama rakyat Papua tak akan mundur selangkah pun untuk berjuang sampai cita-cita rakyat West Papua tercapai,” tegasnya.

Berikut ini adalah foto-foto saat aparat menangkap 14 aktivis KNPB Manokwari tersebut. Silahkan klik di sini: Baca: Foto: Penangkapan 14 Aktivis KNPB Wilayah Mnukwar

Pewarta: Setvanus Yogi

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaFoto: Penangkapan 14 Aktivis KNPB Wilayah Mnukwar
Artikel berikutnyaIni Isi Deklarasi Front Rakyat Indonesia untuk West Papua