Pengobatan Massal di Aifat Selatan, Bupati Harap Warga Sehat

0
51

MAYBRAT, SUARAPAPUA.com — Bupati kabupaten Maybrat, Bernard Sagrim mengajak warga masyarakat untuk mendapat pengobatan massal agar memastikan kondisi kesehatan tubuh.

Hal ini disampaikan saat membuka acara pengobatan massal di kampung Kisor, distrik Aifat Selatan Rabu (11/4/2018), yang diadakan PKK, Ibu-ibu GOW dan Dharma Wanita Kabupaten Maybrat.

Bupati mengingatkan bahwa kesempatan seperti ini harus disambut oleh seluruh masyarakat Aifat Selatan karena kesehatan itu sangat penting.

“Kita sendiri tidak tahu apakah kita sakit atau tidak, maka itu harus mendapat pelayanan kesehatan. Biasanya kita menjalankan aktivitas sehari-hari, tetapi kita tidak mengetahui kondisi kesehatan kita sehat atau ada penyakit di tubuh kita. Maka, bapak-bapak, ibu-ibu dan anak-anak semua datang supaya dokter melakukan diagnosa,” ungkapnya.

Dihadiri wakil bupati Maybrat, Asisten II Setda Maybrat, SKPD di lingkungan pemkab Maybrat, ketua GOW serta masyarakat se-distrik Aifat Selatan, bupati menegaskan bahwa mendapat pelayanan kesehatan yang prima adalah hak setiap warga negara. Untuk itulah pengobatan massal ini diadakan agar tubuh kita tetap sehat.

“Kalau ada tanda-tanda kesulitan tidur, tangan kaku dan lainnya, jangan tunggu sampai sakit berat baru pergi berobat. Hilangkan kebiasaan begitu. Kita harus pastikan bahwa kita sehat berarti kontrol kesehatan secara rutin di rumah sakit,” ujar Sagrim.

Bupati akui bahwa angka kematian orang Maybrat semakin tinggi. Hal tersebut apakah semua karena penyakit atau apa, harus dipastikan melalui medis. “Kalau kita periksa kesehatan tidak ada penyakit kemungkinan orang mati karena racun, suanggi dan lainnya.”

Seluruh masyarakat datang melakukan pengobatan, tim medis melayaninya. Bupati, wakil bupati dan pimpinan SKPD bersama tim medis melayaninya hingga sore hari.

Pengobatan massal tersebut diadakan karena masyarakat setempat belum mendapat akses layanan kesehatan dari pemerintah.

Kegiatan ini juga jelang peringatan hari ulang tahun (Hut) R.A. Kartini ke-139 dan Hut kabupaten Maybrat yang ke-9 pada 3 Mei 2018. Untuk itu GOW, PKK dan Dharama Wanita kabupaten Maybrat melakukan kegiatan sama di beberapa titik, dimulai dari Kisor, distrik Aifat Selatan.

Pantauan suarapapua.com, usai bupati membuka acara pengobatan massal dilanjutkan dengan peninjauan lokasi pembangunan pasar di distrik Aifat Selatan di kampung Kisor jalan menuju kampung Fuog distrik Aifat Raya.

“Kami melakukan pengobatan massal dan penyuluhan kesehatan, termasuk perekaman KTP Elektronik. Jadi, kami datang dengan dua dokter spesialis gigi dan dokter umum,” jelas Paulina Wafom, ketua GOW kabupaten Maybrat.

Sehari kemudian dilanjutkan pengobatan massal di Distrik Ayamaru Selatan.

Selain itu, ibadah diakonia untuk kelompok lanjut usia (lansia) di GKI Paulus Soroan, Jumat (13/4/2018). Dan, tanggal 20 April 2018 senam sehat di lapangan Ela.

“Setelah semua kami lakukan, puncaknya pada hari Sabtu mendatang,” kata Paulina sembari mengajak seluruh warga hadir untuk mengikuti rangkaian kegiatan apalagi pihaknya mendatang para dokter.

Pewarta: Engel Semunya
Editor: Arnold Belau