Stok BBM di Dekai Aman

0
2710

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com — Kepala APMS Dekai, Lamalaha mengatakan, stok Bahan Bakar Minyak BBM tidak ada kendala seperti sebelumnya hingga hari menjelang lebaran untuk umat muslim, stok masih ada. 

“Bensin sejak bulan Oktober tahun kemarin sampai sekarang berjalan aman-aman saja. Sampai bulan lebaran ini saya yakin akan aman juga,” jelasnya kepada suarapapua.com pada Senin (20/5/2019) di Dekai.

Sebelumnya, kata dia, pernah mengalami kendali satu hingga dua minggu terganggu dalam pelayanan kepada masyarakat di Dekai karena BBM dari Timika menuju Dekai kabupaten Yahukimo terkendala dalam pertengahan jalan karena air surut.

“Tapi syukurlah sampai sekarang hal seperti itu tidak terjadi. sehingga saya yakin bulan Ramadan ini akan lancar,” terangnya.

Harga bensin di kota Dekai masih terpantau aman. Tidak ada kenaikan harga dan perubahan harga.

Seorang pedagang penjual Ikan dan Ayam es di pemukiman yang tidak mau menyebutkan namanya, mengatakan harga jualan seperti biasa tidak ada perubahan.

“Kios kita ada beberapa jenis jualan, seperti makanan pokok alat masak, tapi tidak berubah seperti daerah lain. Saya sendiri ikuti di media bahwa ada harga yang berubah jelang hari lebaran, namun sampai hari ini kita tetap seperti biasa,” bebernya.

Menurutnya, perubahan harga akan terjadi ketika tempat belinya terjadi perubahan, misalnya di kapal.

“Saya biasa beli di Lokbon. Barang barang di kios saya semua dari Timika, kemarin saya baru beli untuk jualan di sini. Masalah harga di tempat masuk kapal sama saja. Kalo ada perubahan di sana tentu di sini juga akan berubah,” pungkasnya.

Dari pantauan media ini hampir semua kios di Dekai mulai mengalami perubahan harga, meskipun beberapa narasumber mengaku tidak ada perubahan harga.

Misalnya harga Roko sudah naik 30 ribu perbungkus dari sebelumnya hanya 25, dan harga bensin di luar APMS juga naik menjadi 20 ribu dari 15 ribu perliter.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Arnold Belau