Wabup Yahukimo Minta Pengurus KNPI Segera Dilantik

0
3295

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kabupaten Yahukimo yang telah terpilih agar segera dilantik untuk menjalankan tugasnya sebagai mitra pemerintah daerah.

Hal ini disampaikan Yulianus Heluka, wakil bupati kabupaten Yahukimo, menyikapi belum dilantiknya dewan pimpinan daerah (DPD KNPI) kabupaten Yahukimo usai pemilihan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Pelantikan pengurus KNPI itu kalau bisa dipercepat, karena dalam waktu dekat kita akan masuk hari bersejarah negara Indonesia yaitu 17 Agustus. Kalau KNPI belum dilantik, maka para pemuda tidak bisa ambil bagian untuk membantu pemerintah,” kata Heluka usai pembukaan tes CPNS formasi 2018, Senin (1/7/2019) di depan gedung SMK Negeri 1 Dekai.

Baca Juga:  Penolakan Memori Banding, Gobay: Majelis Hakim PTTUN Manado Tidak Mengerti Konteks Papua

Dikatakan, pemerintah sudah mengalokasikan dana untuk KNPI. Dana tersebut digunakan sesuai kebutuhan dalam organisasi, tetapi harus lantik pengurus terpilih.

“Pelantikan harus terlaksana sebagai landasan hukum untuk proses selanjutnya. Jadi, tidak usah ada upaya halangi dan lain-lain. Kalau menghambat pelantikan KNPI Yahukimo mungkin dari mereka yang selama ini menghambat pembangunan di kabupaten kita,” tandasnya.

ads
Baca Juga:  Jelang Idul Fitri, Pertamina Monitor Kesiapan Layanan Avtur di Terminal Sentani

Jika tak segera ada kejelasan proses pelantikannya, Wabup Yahukimo berjanji akan mencari tahu letak persoalannya.

“Pengurus KNPI yang sudah terpilih segera lakukan pertemuan, lalu susun jadwal pelantikan. Jangan tunggu terlalu lama, yang sudah terpilih itu harus duduk bersama-sama dan membahas bagaimana mekanisme, itu yang penting,” imbuh Heluka.

Nikanus Pahabol, ketua KNPI terpilih, sebelumnya saat dikonfirmasi wartawan menjelaskan, ia sudah sampaikan kepada para pemuda Yahukimo agar tetap bersabar karena harus mengikuti petunjuk dari KNPI provinsi Papua.

Baca Juga:  KPU Papua Terpaksa Ambil Alih Pleno Tingkat Kota Jayapura

“Seluruh pemuda sebagai tulang punggung negara, mohon bersabar dalam beberapa waktu kedepan karena kita harus ikuti arahan dari DPD KNPI Papua. Soal itu sudah kami sampaikan ke atasan kami,” kata Pahabol.

Pewarta: Ardi Bayage

Editor: Markus You

Artikel sebelumnyaCaritas PNG Beri Beasiswa bagi 20 Pengungsi West Papua
Artikel berikutnyaDPRD Nabire Menandatangani Petisi Tolak Pemekaran Papua Tengah