Pemkab Yahukimo dan Bank BRI Dorong 12 Kelompok Tani di Dekai  

0
56

SUARAPAPUA.com— Tim khusus Pemerintah Kabupaten Yahukimo dan Bank Rakyat  Indonesia (BRI) cabang  Dekai melakukan kunjungan kepada  kelompok usaha tani masyarakat Wenput, senin (20/8/2019).

Ketua Tim Pemkab Yahukimo Elai Giban menjelaskan, Pemkab Yahukimo bekerja sama dengan Bank BRI Cabang Dekai untuk melakukan pemantauan dan mendata semua kelompok usaha masyarakat setempat, agar masyarakat dapat dapat  mengelola potensi sumberdaya alam yang ada di daerah yahukimo itu sendiri.

Dari hasil pemantauan sendiri, kata Giban, ada 12 kelompok tani yang sudah terdata termasuk kelompok Wenput.

“Tim ini dibentuk untuk mendata setiap kelompok usaha masyarakat yang ada di dekai. sehingga pemda bekerja sama dengan Bank BRI Dekai dan puji Tuhan Bank BRI siap untuk memfasilitasi dana dan kami juga diberi mandat oleh pak sekda untuk memantau setiap kelompok, karena disetiap kelompok yang ada ini bermacam-macam usaha, seperti pertanian, peternakan, persawahan dan perikanan dan  masyarakat kelompok usaha tani dapat mengelolah SDA yang ada di kabupaten ini,” jelasnya.

Giban katakan, pemantauan langsung ke lokasi agar pemerintah mememastikan bantuan yang diberikan melalui Bank BRI tepat pada sasaran di setiap kelompok usaha sehingga masyarakat menggali potensi daerah yang ada .

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Wenput. Yudas So’o,  mengucapkan terimaksaih kepada Pemkab Yauhukimo dan BRI. Sebab, selama 4-5 tahun dirinya kewalahan dalam pengadaan pupuk. namun dengan adanya Pemkab Yahukimo dan Bank BRI, sudah menjawab semua keluhanya.

“Sebenarnya kami siap kelola tetapi sering terkendala dalam fasilitas, seperti peralatan, obat hama dan masih banyak kekurang yang perlu kita penahi, tetapi terima kasih bank BRI dukung kami. sehingga kedepan saya siap kembangkan kelompok gabungan petani Wenput ini,” tuturnya.

Yudas   mengajak kepada masyarakat kelompok wenput agar membangun kerja sama untuk menuju kemandirian usaha ini, maju mundurnya usaha itu tergantung pada seluruh anggota kelompok tani wenput itu.

Pewarta : Ruland Kabak

Editor     : Arnold Belau