Pemdis Pantim Paniai Bagikan Enam Ton Beras

0
1141

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Pemerintah distrik Paniai Timur, kabupaten Paniai, Selasa (2/6/2020) kemarin, membagikan beras sebanyak 6 ton kepada seluruh masyarakatnya yang tersebar di 17 kampung. Pembagian dilakukan melalui pengurus Desa setempat.

Sebelum beras dibagikan ke masyarakat, penerimaan beras, dari distrik ke desa, dilakukan di bandar udara Enarotali, Paniai, tempat beras ditampung.

Pembagian beras ini sendiri diketahui merupakan bantuan pangan non tunai (BPNT) atau bantuan sosial (bansos) yang disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) kepada masyarakat miskin dan masyarakat terdampak Covid-19.

“Kami distrik Pantim dapat jatah bantuan Bansos beras dari Dinas Sosial sebanyak 6 ton. Hari ini (kemarin) akan saya salurkan. Saya salurkan lewat kepala kampung. Setelah diterima, mereka akan bagikan langsung kepada masyarakatnya di kampung masing-masing,” ujar kepala distrik Paniai Timur, Alfred Yogi, Selasa (2/6/2020), kepada suarapapua.com, di Enarotali, usai membagikan beras kepada para kepala kampung.

Baca Juga:  Hilangnya Keadilan di PTTUN, Suku Awyu Kasasi ke MA

Yogi mengatakan, karena beras diberikan sangat terbatas, pembagian dilakukan secara merata, yakni tiap kampung mendapatkan beras sebanyak 350 kilo gram.

ads

“Jadi tidak ada yang lebih dan kurang. Semua sama. Ini mengingat beras terbatas. Saya bikin begitu supaya tidak saling cemburu antar kampung,” ujarnya.

Meski beras kurang, ia harap, para kepala kampung dapat membagi baik secara merata kepada seluruh masyarakatnya.

Baca Juga:  Desak Pelaku Diadili, PMKRI Sorong Minta Panglima TNI Copot Pangdam Cenderawasih

“Sudah tadi saya tekankan ke mereka supaya beras diberikan khusus kepada masyarakat yang benar-benar tidak mampu saja. Misal mama-mama janda dan keluarga yang tidak punya pekerjaan apapun,” bebernya.

Dan kepada masyarakat, ia harap, agar dapat menerima beras tersebut dengan besar hati tanpa melihat banyaknya beras yang diberikan nanti.

Agus Yogi, kepala kampung Enarotali, pada kesempatan sama, mengaku mengingat beras kurang, sistem pembagian beras akan di musyawarahkan bersama terlebih dahulu dengan masyarakatnya.

“Kalau beras cuman begini, jujur saya bingung baginya bagaimana. Masyarakat saya banyak. Nah tuk itu, supaya bisa mereka terima semua, nanti kita bicarakan dulu. Sistem pembagiannya bagaimana. Saya ikuti maunya masyarakat saja,” ungkapnya.

Baca Juga:  Raih Gelar Doktor, Begini Pesan Aloysius Giyai Demi Pelayanan Kesehatan di Papua

Dari pantauan suarapapua.com, beras yang dibagikan berukuran 10 Kg. Beras setelah diterima, para kepala kampung mengangkut  menggunakan mobil pickup. Ongkos transportasi ditanggung kepala distrik.

Seperti diberitakan beberapa media terkait Bansos ini, keseluruhan beras yang disalurkan oleh Pemkab. Paniai sebanyak 100 ton. Per distrik mendapat 4 ton. Hanya distrik Pantim yang mendapat 6 ton. Jumlah keseluruhan distrik, 24 distrik.

Pewarta: Stevanus Yogi

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaMenteri ESDM Didesak Cabut Izin Tambang Ilegal di Papua
Artikel berikutnyaFaperta Unipa Gelar Yudisium untuk Mahasiswa Secara Online