Masyarakat Klaisu Butuh Dukungan Pemerintah untuk Kelola Potensi Pariwisata

0
1358

JAYAPURA SUARAPAPUA.com— Masyarakat Kampung Klaisu, distrik Namblong Kab. Jayapura membutuhkan dukungan dan bantuan pemerintah untuk mengelola potensi pariwisata di kampung tersebut.  Potensi pariwisata yang dimaksud adalah air terjun tingkat. 

Lewi Irab, salah satu pemilik hak ulayat di wilayah tersebut kepada suarapapua.com mengatakan pihaknya sangat membutuhkan adanya perhatian pemerintah untuk menata tempat wisata tersebut karena sangat potensial dengan air terjun bertingkat dan lokasi yang mudah diakses.

“Masyarakat disini memiliki niat yang tinggi untuk mengembangkan air terjun di sini menjadi tempat wisata, tetapi sampai saat ini kami belum ada perhatian dari pemerintah khususnya Dinas Pariwisata untuk menjadi tempat wisata,” katanya Lewi.

Baca Juga:  Media Sangat Penting, Beginilah Tembakan Pertama Asosiasi Wartawan Papua

Irab bersama masyarakat berupaya mengelolanya secara swadaya dan sementara membuka tempat itu secara gratis sambil menumbuhkan niat para pengunjung dan makin terkenal.

“Sementara ini kami berusaha membuka tempat dengan Peralatan apa adanya dan menerima pengunjung dengan mempersilakan mereka menggunakan tempat wisata Air Terjun secara gratis,” katanya.

ads

Dia mengatakan, yang menjadi kebutuhan masyarakat di tempat itu adalah sarana MCK dan juga keamanan serta jalan yang sedikit usaha yang perlu ada perbaikan.

Baca Juga:  Hindari Jatuhnya Korban, JDP Minta Jokowi Keluarkan Perpres Penyelesaian Konflik di Tanah Papua

“Yang kami butuhkan adalah keamanan supaya pengunjung bisa aman, kedua WC, dan jalan aspal sampai di tempat wisata. Kalau sudah, kita bisa tata dia jadi baik dengan tambah penginapan. Kami siap kelola sendiri. hanya butuh dukungan pemerintah untuk membangun tempat wisata ini,” katanya.

Dijelaskan,  untuk pengunjung sendiri sampai dengan saat ini telah terjadi peningkatan yang cukup besar di mana dalam sehari bisa sampai dengan 400 dan 500 orang yang puncaknya pas di hari libur.

“Masyarakat yang datang ini sekitar 100 ke atas. Dan mereka datang setiap harinya pasti ramai Lebih ramai pada saat waktu libur sabtu dan Minggu masyarakat yang datang kebanyakan dari kota Sentani, Genyem Kota dan masyarakat dari kota Jayapura juga ke sini,” katanya.

Baca Juga:  Jelang Idul Fitri, Pertamina Monitor Kesiapan Layanan Avtur di Terminal Sentani

Sementara itu, Erickson D, photografer PapuansPhoto mengatakan,  baru-baru ini Komunitas PapuansPhoto sudah kunjungi tempat tersebut dan ia akui keindahan tepat itu.

“Kampung Klaisu tidak hanya miliki air terjun yang indah, tetapi ada potensi lain yang juga bisa dimanfaatkan. Semoga masyarakat kelola potensi-potensi ini dengan baik,” katanya berharap.

Pewarta: Hendrik Rewapatara 

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaKorban Cinta
Artikel berikutnyaOnes Sama: Kami Akan Turun Bersuara Demi Tapol Papua