BeritaForum Pemuda Kristen di Tanah Papua Dideklarasikan

Forum Pemuda Kristen di Tanah Papua Dideklarasikan

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Pemuda segitiga Oikumene gereja-gereja tanah di Papua, GKI di Tanah Papua, Baptis, GIDI, KINGMI dan Katolik mengdeklarasikan diri sebagai Forum Pemuda Kristen Tanah Papua (FPK -TP).

Deklarasi itu dilakukan di aula STAKIN GIDI Sentani, yang diawali dengan ibadah dan pengukuhan oleh Presiden GIDI, Pdt. Dorman Wandikmbo, Minggu (6/9/2020).

Ketua Forum Pemuda Kristen Tanah Papua (FPK -TP), Yadinus Mabel usai deklarasi mengatakan, hari ini merupakan sejarah baru dimana anak-anak muda kristen Papua bersatu dan mendeklarasikan diri di atas tanah Papua bahwa Yesus Kristus yang luar biasa.

“Tujuannya itu untuk menyatukan semua pemuda ada di dalam gereja, baik dari Baptis, GIDI, KINGMI, Katolik, dan GKI di Tanah Papua. Dengan visi pemuda Papua bangkit bersama Yesus untuk menyampaikan kebenaran di atas tanah Papua,” jelas Mabel.

Baca Juga:  Freeport Indonesia Bangun Jembatan Hubungkan Kampung Banti 2 dan Banti 1

Ia menjelaskan, misi FPK TP adalah, pertama sebagai wadah pembentukan karakter pemuda yang militan, bertanggung jawab dan berkarakter secara intelektual bagi gereja dan bangsa. Kedua, mejadikan pemuda yang kreatif, inovatif dan berfikir kritis serta santun dalam berbagai situasi. Ketiga, menjunjung tinggi hak asasi manusia demi gereja dan bangsa.

“Dan keempat menjaga tanah injil di tanah Papua, bersatu untuk kepentingan bersama dengan menjunjung nilai-nilai kemanusiaan demi kepentingan bersama,” katanya.

Ia mengakui, deklarasi ini telah diharapkan sejak lama, namun bisa terwujud saat. Deklarasi hari ini juga merupakan sejarah bagi pemuda kristen di tanah Papua. Semua ini terjadi karena Yesus Kristus atas dasar injil 1855 di Mansinam.

Baca Juga:  AJI, PWI, AWP dan Advokat Kecam Tindakan Polisi Terhadap Empat Jurnalis di Nabire

“Dengan terbentuknya forum ini nanti akan berfokus pada seminar-seminar dan tentunya itu puji-pujian seperti yang telah di canangkan oleh bapak Lukas Enemebe. Papua Bermasmur dan menjadi berkat bagi suku bangsa lain,” ujarnya.

Presiden GIDI, Pdt. Dorman Wandikmbo dalam sambutanya mengatakan, pemuda Papua harus kembali kepada Tuhan.

“Beberapa minggu yang lalu anak-anak Papua yang di tahan karena rasisme sudah di bebaskan, untuk itu semua anak -anak Papua kita satukan barisan dan kita goncangkan untuk bermazmur bagi Tuhan Yesus Kristus di tanah ini,” ucap Pdt. Dorman.

Baca Juga:  Panglima TNI dan Negara Diminta Bertanggung Jawab Atas Penembakan Dua Anak di Intan Jaya

Ia mengatakan, pihaknya di Dewan Gereja Papua mendukung deklarasi Pemuda Forum Pemuda Kristen Tanah Papua (FPK-TP) ini.

“Forum pemuda kristen tanah Papua di berikan dukungan penuh oleh gereja-gereja di tanah Papua. Saya juga menyampaikan pastor anak-anak Papua, Papua sudah cukup lama menderita untuk itu mari dengar suara Tuhan.”

Pengurus Pusat Forum Pemuda Kristen Tanah Papua (FPK -TP) yang terpilih menjabat Ketua adalah Yadinus Mabel, (GIDI Papua), Wakil Ketua Ev. P. Bodokapa (Gereja Kingmi Papua), Sekretaris Pdt. Eddyson Sekenyap (GKI di Tanah Papua), Bendahara Sepi Wanimbo, (Baptis Papua) dan Bidang Spiritual adalah Alfonsa J. Wayap (Katolik).

 

Pewarta: Agus Pabika

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Ribuan Data Pencaker Diserahkan, Pemprov PBD Pastikan Kuota OAP 80 Persen

0
“Jadi tidak semua Gubernur bisa menjawab semua itu, karena punya otonomi masing-masing. Kabupaten/Kota punya otonomi begitu juga dengan provinsi juga punya otonomi. Saya hanya bertanggung jawab untuk formasi yang ada di provinsi. Maka ini yang harus dibicarakan supaya apa yang disampaikan ini bisa menjadi perhatian kita untuk kita tindaklanjuti. Dan pastinya dalam Rakor Forkopimda kemarin kita juga sudah bicarakan dan sepakat tentang isu penerimaan ASN ini,” ujarnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.