Pasca Terjadi Penembakan, Kondisi Mulai Kondusif dan Warga Sugapa Mulai Beraktivitas

0
1199

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Pasca terjadi penembakan di distrik Sugapa oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) di kampung Tigamajigi, Papua.

Sumber informasi Suara Papua yang sebelumnya telah melaporkan kejadian pada pagi tadi sekitar pukul 08.10 WIT mengunkapkan bahwa saat ini masyarakat sudah mulai beraktivitas seperti biasa.

Dia juga mengatakan, penembakan yang terjadi tersebut dilakukan oleh TPNPB. Sasaran yang ditembak adalah Kapolsek Sugapa, Engel Mayor di jalan menuju kea rah tower telekomunikasi yang terletak di Tigamajigi.

Baca Juga:  Sikap Mahasiswa Papua Terhadap Kasus Penyiksaan dan Berbagai Kasus Kekerasaan Aparat Keamanan

“Tadi mereka tembak bapak Kapolsek sebanyak tiga tembakan. Tetapi beliau menghindar dan tidak kena tembakan,” ungkapnya.

Usai terjadi penembakan tersebut, kata dia, masyarakat sudah mulai berkaktivitas seperti biasa, dan aparat masih berjaga-jaga di sekitar tempat kejadian.

ads

Saat disinggung tentang korban, sumber informasi suara papua menyebutkan bahwa belum ada korban.

“Saya baru pulang dari bank papua. Saya dengar-dengar belum ada korban,” bebernya.

Baca Juga:  Kepala Suku Abun Menyampaikan Maaf Atas Pernyataannya yang Menyinggung Intelektual Abun

Dari pengamantannya di Yokatapa, warga mulai beraktivitas seperti biasa.

“Masyarakat sudah mulai keluar dan jalan ke kios, jalan-jalan dan bank. Saya sendiri baru pulang dari bank. Jadi masyarakat sudah mulai beraktivitas,” ungkapnya.

Berita ini sekaligus meluruskan berita yang sudah diterbitkan sebelumnya. Pada berita sebelumnya menyebutkan bahwa terjadi baku tembak antara TNI/Polri dan TPNPB. Klarifikasi ini berdasarkan informasi yang disampaikan sumber informasi suara papua yang sama pada pukul 11.20 dari lokasi kejadian di Sugapa, Intan Jaya, Papua.

Baca Juga:  Situasi Paniai Sejak Jasad Danramil Agadide Ditemukan

Dimana sumber informasi suara papua mengatakan bahwa tidak terjadi baku tembak antara TNI/Polri dengan TPNPB, namun yang terjadi adalah penembakan yang dilakukan oleh TPNPB kepada Kapolsek Sugapa.

Menyoal penyisiran, sumber informasi suara papua juga mengatakan tidak ada penyisiran. Hanya memang aparat sempat bergerak untuk mengejar para anggota TPNPB yang melakukan penembakan. Tetapi tidak ada penyisiran yang dilakukan aparat.

REDAKSI

Artikel sebelumnyaPegiat HAM Singgung Emas Blok Wabu Intan Jaya di Tengah Kasus Kekerasan
Artikel berikutnyaVeronica Koman dan TAPOL Luncurkan Laporan Gerakan West Papua Melawan 2019