Guna Cetak Presenter TV Profesional, Humas Paniai Gelar Pelatihan Dua Hari

0
965

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Guna mencetak presenter TV profesional di lingkungan Pemerintah kabupaten Paniai, Humas Sekretariat Daerah (Setda) kabupaten Paniai, menggelar pelatihan dokumentasi dan peliputan selama dua hari, 11-12 November 2020, di salah satu ruangan bagian humas kantor Bupati Paniai, Madi.

Priska You, Kabag Humas dan Protokol Setda Paniai, mengaku tujuan dari pelatihan digelar hendak mengasah keterampilan anak buahnya agar menjadi presenter-presenter TV yang profesional layak presenter-presenter di TV lokal maupun nasional.

“Adik-adik di Humas Paniai sini untuk ambil gambar gerak sudah oke hanya saya lihat masih kurang dibagian presenter. Makanya pelatihan ini kami buat agar bisa melatih mereka bagaimana menjadi presenter yang minimal mengerti dengan apa tugasnya,” kata You kepada suarapapua.com usai kegiatan, Kamis (12/11/2020).

Selain presenter, You katakan, para peserta yang berjumlah 20 orang, honorer dan ASN di humas tersebut, diajar juga cara meliput berita ala TV.

Baca Juga:  Gawat! Di Mimika, 2.500 Ekor Babi Mati Terserang Virus ASF

“Semua kami ajar supaya mereka benar-benar siap liput apapun kegiatan yang akan dibuat Pemda Paniai ke depan,” ujarnya.

ads

Melihat semangat peserta ikut kegiatan tersebut, ia meyakini, ilmu yang diberikan tidak sia-sia dan telah diresap baik untuk kemudian siap dipraktikkan.

“Makanya kami buat kegiatan ini dua hari. Karena harapan dan kerinduan saya, semasa saya menjabat di humas ini harus lahir presenter hebat siap pakai, kualitas tidak diragukan minimal satu atau dua orang,” tukasnya.

Sehingga untuk mendorong terwujud harapannya itu, katanya, kegiatan yang digelar akan terus digelar tiap tahun selama ia menjabat.

“Kami sudah mulai dari tahun lalu (2019), jadi ini yang kedua. Dan seterusnya kami akan buat terus tiap tahun. Kenapa? Jujur karena biasanya kegiatan-kegiatan besar Pemda saya biasa datangkan dari luar. Kayak begini saya tidak mau lagi,” ungkapnya.

Baca Juga:  Panglima TNI Bentuk Koops Habema Tangani Papua

Oktovianus, Asisten III Setda Paniai, usai hadir membuka kegiatan itu, mengatakan  sangat senang Humas dapat membuat kegiatan pelatihan yang berhubungan dengan tugas pokoknya.

“Humas adalah roh Pemda dalam memberitakan semua kegiatan yang Pemda buat supaya baik Pemprov, Pempus dan semua pihak atau orang dapat ikuti. Saya senang dan dukung sekali kegiatan ini,” ucapnya kepada suarapapua.com.

Natan Pigai, wartawan senior humas di lingkungan Pemkab. Paniai yang menjadi pemateri di kegiatan ini, mengatakan selain memberi materi, para peserta juga mempraktekkan sesuai materi didapat.

“Pertama saya kasih materi yaitu bagaimana mengenal 5W+1H saat liput berita. Setelah itu saya suruh mereka praktikkan. Bawa berita langsung depan kamera. Ini tujuannya supaya mereka mengerti dari menjadi presenter. Jangan jadi presenter bagus depan kamera tapi tidak mengerti menulis berita. Ini tidak boleh,” jelasnya.

Materi yang diberikan setelah dipraktikkan, dinilainya, 70 persen telah diresap peserta. Supaya menjadi 100 persen alias lahir presenter handal di lingkungan Pemkab. Paniai, ia berharap ada dukungan penuh dari Pemda setempat.

Baca Juga:  KPU Deiyai Tuntaskan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten

“Sesuai dengan bidang kami, saya harap dinas lain seperti Kominfo kedepan dapat bekerjasama dengan kami. Misalnya untuk menghidupkan kembali website resmi milik Pemda (pemkabpaniai.go.id) yang selama ini tidak jalan. Ini supaya selain berita visual (gerak) naik, tulisan juga bisa kami naikan bersamaan,” tuturnya penuh harap.

Deli Magai, salah satu peserta, mengaku ilmu yang diberikan sangat bagus namun bagus lagi kalau dipraktikkan terus supaya terbiasa.

“Saya dulu waktu sekolah suka tulis tapi setelah tamat tidak pernah lagi. Jadi untuk materi tadi saya cukup mengerti karena ada gambaran. Tapi bagus lagi kalau kegiatan semacam diperbanyak,” ujarnya ketika diminta tanggapan.

Pewarta: Stevanus Yogi

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaFOTO: Tanjung Ciberi Terancam Abrasi
Artikel berikutnya20 Tahun Unipa, Wagub Akui Kualitas Lulusan