Yunus Wonda Bilang Kondisi Keamanan di Papua Aman

0
955

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Ketua BP PON Papua, Yunus Wonda mengatakan, kondisi keamanan dan ketertiban di Papua aman terkendali. Hal tersebut disampaikan Wonda kepada wartawan di sela-sela rapat CDM Meeting II pada Jumat (26/3/2021) kemarin di Jayapura, Papua.

Wonda mengatakan, dia memastikan bahwa kondisi keamanan dan ketertiban menjelang PON di Papua saat ini aman. Dan dia juga memastikan situasi saat ini di empat klaster penyelenggaraan PON aman dan baik-baik saja.

“Sebagai Ketua Harian PB PON Papua saya mau pastikan kepada semua kontingen di Indonesia, bahwa sampai hari ini Papua aman dan saya pikir semua masyarakat Papua siap menjadi tuan rumah yang baik,” kata Wonda.

Baca Juga:  Aksi ASN Pemprov Papua, Gobai: Penempatan Jabatan Perlu Perdasi

Meski demikian, dia mengakui sejumlah wilayah pegunungan di Papua memang kerap bergejolak oleh kelompok yang bersebrangan dengan NKRI. Namun, kata dia, hal itu tak banyak berpengaruh terhadap persiapan pelaksanaan PON di empat klaster. Apalagi Pemerintah Provinsi Papua di back up oleh TNI/Polri dalam menjaga kondisi keamanan dan ketertiban daerah.

“Kalau terjadi gangguan keamanan di beberapa daerah di Papua, saya pikir itu tempatnya jauh dari tempat penyelenggaraan PON dan sudah biasa terjadi. Tapi intinya dalam PON ini kita punya komitmen untuk menjaga keamanan. Toh kami diback up aparat keamanan. Dan saya yakin masyarakat Papua akan sukseskan PON tanpa ada gangguan disana-sini,” tegasnya.

ads
Baca Juga:  Velix Vernando Wanggai Pimpin Asosiasi Kepala Daerah se-Tanah Papua

Dalam beberapa pekan ke depan, lanjut dia, PB PON Papua bakal menyelenggarakan CDM Meeting II. Pada agenda nasional itu, pihaknya siap meyakinkan semua KONI se-Indonesia, bahwa Papua sebagai tuan rumah tak akan mengecewakan para tamu undangan yang hadir.

“Saya yakin pelaksanaan CDM Meeting II akan sukses dan kita siap memaparkan progress PON yang sudah kami persiapkan,” pungkasnya.

Baca Juga:  Aksi ASN Pemprov Papua, Gobai: Penempatan Jabatan Perlu Perdasi

Sementara itu, Wakil Ketua Umum KONI Pusat, Suwarno, berharap dalam pelaksanaan CDM Meeting II di Jayapura, 7 s/d 9 April 2021 mendatang, PB PON Papua dapat memberi gambaran tentang kemajuan persiapan agenda empat tahunan itu.

“Termasuk masalah keamanan yang menjadi perhatian semua KONI Provinsi di Indonesia. Nah nanti biar pihak kepolisian dan TNI (bersama PB PON Papua) menyampaikan, pada saat CDM Meeting II serta ikut meyakinkan para tamu, bahwa penyelenggaraan PON Papua itu akan berjalan aman,” harapnya.

REDAKSI

Artikel sebelumnyaKunjungi Sugapa, Administrator Keuskupan Timika Rayakan Hari Minggu Palma di Bilogai
Artikel berikutnyaTiga Organisasi Mahasiswa Saireri Tolak Pembangunan Bandara Antariksa di Biak