Lesmin Waker, Komandan TPNPB di Pintu Angin Masih Hidup

0
1543

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Lesmin Waker, Komandan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Batalion Pintu Angin, Kab. Puncak Papua masih hidup. Hal ini disampaikan seorang keluarga dekat Lesmin, Minggu (16/5/2021) dari Ilaga, Papua.

Sebelumnya, pasukan gabungan militer Indonesia yang terdiri dari beberapa satuan TNI dan Polri yang sedang melakukan operasi di kabupaten Puncak Papua menyatakan bahwa Lesmin Waker telah ditembak mati. Pernyataan tersebut telah dimuat dalam berbagai surat kabar, televisi dan media daring di Indonesia.

Baca Juga:  Usut Tuntas Oknum Aparat yang Diduga Aniaya Warga Sipil Papua

Keluarga Lesmin yang tidak mau namanya dimediakan ini mengungkapkan bahwa Lesmin masih hidup.

“Lesmin masih hidup. Yang benar itu Timika Wanimbo yang ditembak mati militer Indonesia. Dia memang ajudan Lesmin. Timika itu nama aslinya Wandis. Tapi dia biasa dipanggil Timika ,” ungkapnya.

Timika Wanimbo yang gugur dalam kontak tembak dengan aparat diserahkan kepada keluarga pada besoknya.

ads
Baca Juga:  PMKRI Kecam Tindakan Biadap Oknum Anggota TNI Siksa Warga Sipil di Papua

“Jenazah kami terima pada sore jam 5 dan langsung kami keluarga bakar dan dikremasi di dekat lapangan bola Ilaga,” katanya.

Setelah tembak mati Timika, jenazahnya dilakukan pengidentifikasian di Puskesmas Ilaga pada 14 Mei. Proses indentifikasi sendiri dihadiri oleh Kapolres Puncak Kompol I Nyoman, Dandim 1714 Puja, Tim identifikasi Satgas Gakkum Ops (Penegakan Hukum Operasi) Nemangkawi.

Baca Juga:  Empat Jurnalis di Nabire Dihadang Hingga Dikeroyok Polisi Saat Liput Aksi Demo

Setelah diidentifikasi, jenazah Timika alias Wandis diserahkan kepada keluarga dan kemudian dilakukan proses kremasi di dekat lapangan bola, Ilaga.

Pewarta: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaSeorang Siswa dan 2 Masyarakat Sipil Ditangkap Aparat di Distrik Gome
Artikel berikutnyaKomandan TPNPB Kompi Palambut Gugur di Ilaga Utara