KNPB: Rakyat Papua Wajib Peringati 1 Juli Sebagai Hari Bersejarah Bagi Bangsa Papua

0
3935

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Badan Pengurus Pusat Komite Nasional Papua Barat (KNPB) mengimbau kepada seluruh rakyat Papua Barat dari Sorong – Almasuh untuk memeringati tanggal 1 Juli sebagai tonggak sejarah bangsa Papua Barat.

Imbauan KNPB kepada rakyat Papua Barat itu untuk memeringati peristiwa proklamasi kemerdekaan Republik Papua Barat pada 1 Juli 1971 di Markas Besar Organisasi Papua Merdeka (OPM) Victoria oleh Jacob Prai dan Seth Rumkorem.

Hal ini disampaikan Mecky Yeimo, Sekertaris Umum KNPB Pusat kepada suarapapua.com di Kota Jayapura, Rabu (30/6/2021).

Yeimo menjelaskan, imbauan kepada rakyat Papua Barat itu disampaikan agar rakyat Papua tidak lupa pada momen bersejarah pernah dilewati dalam sejarah perjuangan bangsa Papua Barat.

“Rakyat Papua harus peringati tanggal 1 Juli sebagai hari bersejarah. Karena 1 Juli 1971 terjadi momen sejarah dimana dua tokoh penting dalam sejarah perjuangan bangsa Papua, Seth Rumkorem dan Jacob Prai proklamirkan kemerdekaan negara Republik Papua Barat di Markas OPM Victoria,” jelasnya.

ads

Bagi KNPB, lanjut Mecky, tanggal 1 Juli adalah hari deklarasi negara republik Papua Barat. Sehingga momen bersejarah ini jangan dilupakan oleh seluruh rakyat bangsa Papua Barat.

Baca Juga:  Aktivitas Belajar Mengajar Mandek, Butuh Perhatian Pemda Sorong dan PT Petrogas

“Rakyat Papua wajib memperingati 1 Juli sebagai hari proklamasi negara. Momen itu harus diperingati dan dikenang sepanjang abad,” imbuhnya.

Dia menerangkan, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) ialah sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang dibentuk pada 26 Maret 1973 setelah Proklamasi Kemerdekaan Papua Barat pada 1 Juli 1971 di Markas Besar Victoria.

Lanjut dia, pembentukan TPNPB berdasarkan konstitusi sementara republik Papua Barat yang didirikan pada tahun 1971 di Bab V bagian Pertahanan dan Keamanan. Sejak 2012 lewat reformasi TPN melalui KTT Militer di Byak pada tanggal, 1-5 Mei menjadi Komnas TPNPB dengan mengangkat dan menetapkan Jenderal. Goliath Tabuni sebagai Panglima Tertinggi TPNPB.

KNPB sebagai media rakyat Papua Barat, menyerukan kepada seluruh Rakyat Bangsa Papua Barat dan Masyarakat Internasional yang ada di wilayah Papua Barat agar melakukan peringatan terhadap hari bersejarah ini.

“KNPB bersama Rakyat Papua Barat di seluruh tanah papua akan Memperingati 1 Juli 2021 dengan cara-cara bermartabat dan demokratis,” tegasnya.

KNPB menegaskan kepada Pemerintah Republik Indonesia di wilayah teritori West Papua dari Sorong – Almasuh wajib memperingati 1 Juli 2021 sebagai hari lahirnya embrio negara Republik Papua Barat, sama seperi bangsa-bangsa lain di dunia.

Baca Juga:  Pembagian Paket Tidak Transparan Bagi Pengusaha Asli Papua

“Untuk itu kami minta TNI dan Polti di seluruh wilayah teritori Papua barat tidak melarang hak rakyat bangsa papua barat dalam kegiatan peringatan 1 Juli 2021,” harap Yeimo.

Lebih lanjut, dia mengatakan, KNPB intruksikan kepada seluruh Rakyat Bangsa Papua Barat dari Sorong-Almasuh untuk memperingati 1 Juli dalam bentuk doa dan puasa atau bentuk apa saja sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing.

“Penanggungjawab kegiatan peringatan 1 Juli ada pada Rumah Bangsa Papua Barat New Guinea Raad [NGR] dan New Guinea Raad Daerah [NGRD] di setiap wilayah dari Sorong_Almasuh,” bebernya.

Menurut Yeimo, KNPB keluarkan imbauan hanya untuk mengingatkan. Karena, dia klaim, rakyat Papua barat sudah sadar dan selau peringati 1 Juli sebagai hari bersejarah rakyat bangsa papua barat.

“Kami tidak keluarkan imbauan baru. Kami keluarkan imbauan ini supaya rakyat papua Kembali ingat momen bersejarah yang terjadi pada 1 Juli 1971. Rakyat Papua sudah sadar dan selalu peringati 1 Juli sebagai hari nasional. Maka wajib sifatnya untuk orang Papua Barat peringati hari sejarah bangsa papua barat,” pungkas Mecky.

Baca Juga:  KNPB Wilayah Sentani Rayakan HUT ke-1 Sektor Wenyana Yeik

Pada peringatan 1 Juli 2020, Ketua United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) mengatakan, 1 Juli adalah peringatan yang sangat penting bagi setiap orang Papua Barat.

Pada hari ini pada tahun 1971, OPM ( Organisasi Papua Merdeka ), yang dipimpin oleh Jacob Prai dan Seth Rumkorem, mendeklarasikan pembentukan negara berdaulat Papua Barat.

“Ini Kemerdekaan Proklamasi (Proklamasi Kemerdekaan) merupakan tonggak dalam perjalanan menuju tujuan kami: pembebasan Papua Barat dari penjajahan Indonesia.”

“Untuk semua orang saya di rumah: selamat ulang tahun. Kita harus mengingat semua orang yang telah berjuang untuk memenangkan kebebasan kita. Suatu hari pengorbanan mereka akan dihormati dalam kemenangan kita melawan penindas. Kita harus mengingat ini dan setiap deklarasi lain yang dibuat oleh pejuang kemerdekaan kita dari Kongres Rakyat Papua Pertama pada tahun 1961 hingga deklarasi Dr. Thomas Wainggai pada tahun 1988 hingga Deklarasi Saralana 2014,” tulis Wenda dalam memeringati 1 Juli sebagai hari bersejarah bagi bangsa Papua di Tanah Papua.

Pewarta: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaPPATK Masukkan OPM ke Daftar Terduga Terorisme
Artikel berikutnyaPM Vanuatu Memenangkan Mosi Tidak Percaya yang Diajukan Oposisi