TPNPB Laporkan Telah Kontak Senjata dengan Aparat di Mapnduma

0
1447

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Kodap III Darakma Ndugama melaporkan bahwa telah terlibat kontak tembak dengan aparat keamanan Indonesia di Nduga, Papua.

“Tadi pagi jam 7.30 pagi TPNPB dan militer Indonesia telah terlibat kontak tembak. Baku tembak dipimpin Brigjen Egianus Kogeya di lapangan terbang Mapnduma. Pasukan TPNPB langsung kuasai lapangan terbang,” ungkap Rambo Ndugama, awak media TPNPB News kepada suarapapua.com, Selasa (13/7/2021).

Baca Juga:  Yakobus Dumupa Nyatakan Siap Maju di Pemilihan Gubernur Papua Tengah

Rambo mengatakan, kontak tembak di Mapnduma dipimpin Egianus bersama pasukannya. “Saya sudah ambil alih lapangan Mapnduma dna 32 distrik di Kabupaten Nduga,” kata Egianus seperti ditirukan Rambo.

Melalui Rambo, Egianus mengatakan selama pasukan militer Indonesia mengganggu dan mencoba untuk masuk ke wilayahnya, dia akan tetap lawan.

“Pasukan setan sudah masuk di wilayah saya. Maka apa pun kekuatan tidak akan mundur. Saya akan tetap lawan,” tegas Egianus.

ads
Baca Juga:  Soal Pembentukan Koops Habema, Usman: Pemerintah Perlu Konsisten Pada Ucapan dan Pilihan Kebijakan

Menurut Rambo, dari laporan yang ia terima dari lapangan, ada anggota militer Indonesia yang menjadi korban dalam kontak tembak tersebut. Sedangkan korban di pihak TPNPB tidak ada.

Sementara itu, Sebby Sambom, Jubir TPNPB melalui surel yang diterima media ini juga mengatakan telah terjadi kontak tembak pukul 7.30 pagi di Mapnduma.

Baca Juga:  Jokowi Didesak Pecat Aparat TNI yang Melakukan Penganiayaan Terhadap Warga Papua

“Laporan lengkap akan kami kirim,” katanya.

Terkait dengan klaim Egianus ini, hingga berita ini diturunkan belum ada pernyataan resmi dari pihak aparat kemanan Indonesia di Papua.

Pewarta: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaIni Draft RUU Otsus Papua yang Siap Disahkan untuk Diberlakukan Selama 20 Tahun
Artikel berikutnyaGubernur Minta Koalisi Papua Bangkit Segera Tentukan Calon Wagub Papua