PasifikULMWP Mengucapkan Selamat Hut Kemerdekaan Vanuatu ke-41

ULMWP Mengucapkan Selamat Hut Kemerdekaan Vanuatu ke-41

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Presiden Sementara Pemerintahan transisi United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Benny Wenda mengucapkan selamat atas perayaan hari kemerdekaan Negara Vanuatu yang ke 41 melalui surat resmi kepada pemerintah Vanuatu belum lama ini.

Hut kemerdekaan Negara Vanuatu sendiri dirayakan pada tanggal 30 Juli 2021, baik di dalam negeri maupun rakyat Vanuatu yang berada di luar negeri.

Sebagaimana disiarkan Daily Post Vanuatu bahwa surat yang dikirim Benny Wenda mengatakan, “situasi saat ini dengan pandemi COVID-19 membuat kita tidak dapat merayakan bersama acara perayaan Hut tahun ini. Oleh karenanya, dari jauh kami mengirimkan salam dan harapan terbaik kami kepada rakyat dan suku-suku, pemerintah, gereja, dan orang-orang Vanuatu.”

Baca Juga:  KBRI dan Universitas Nasional Fiji Gelar Seminar Perspektif Kolaborasi yang Lebih Dekat

Wenda juga menulis bahwa ketika Papua Barat akhirnya bebas dari penindasan, mereka akan bergabung dengan rakyat Vanuatu untuk perayaan kemerdekaan. “Vanuatu adalah negara yang terus memainkan peran penting dan tak tergantikan sejak lama dalam sejarah perjuangan kami melawan kolonialisme abad 21 ini.”

Freddy Waromi, Perwakilan ULMWP di Port Vila Vanuatu menyampaikan pesan ucapan selamat presidennya kepada Vanuatu.

Baca Juga:  Gereja Pasifik Desak MSG Keluarkan Indonesia Jika Tidak Memfasilitasi Komisi HAM PBB Ke Papua

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada pemerintah Vanuatu atas ulang tahun ‘YUMI’ yang ke 41, sayangnya kami dari ULMWLP tidak menjadi bagian dari perayaan ini karena pandemi COVID-19. Tetapi kami berharap suatu hari nanti kami akan merayakannya bersama.”

Freddy yang dianugerahkan oleh pemerintah sementara SHEFA – Marikor, membawa harapan dan impian semua orang Papua Barat bahwa suatu hari mereka akan bebas dan mereka akan dapat secara pribadi rasa terima kasih mereka kepada negara-negara yang terus berjuang untuk kebebasan mereka.

Baca Juga:  Partai-Partai Oposisi Kepulauan Solomon Berlomba Bergabung Membentuk Pemerintahan

 

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Emanuel You Mantapkan Langkah Bertarung di Pilkada Paniai

0
“Saya sebagai warga negara yang juga dan generasi muda mempunyai kewajiban dan kerinduan dalam mengisi ruang demokrasi yang disediakan oleh negara, sehingga saat ini saya sudah berkomitmen untuk mencalonkan diri sebagai bakal calon bupati Paniai,” kata mantan ketua Komisi A Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) kabupaten Paniai periode 2009-2014 dari Partai Barisan Nasional (Barnas) itu.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.