BeritaOlahragaKaka Edu Temukan Playmaker Tim PON Papua, Siapa?

Kaka Edu Temukan Playmaker Tim PON Papua, Siapa?

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Tim sepak bola PON Papua besutan Eduardus Ivakdalam bernapas legah setelah mendapat salah satu pemain muda berposisi gelandang bertahan yang sedang diproyeksikan sebagai playmaker.

Mantan legenda hidup Persipura Jayapura yang akrab disapa Kaka Edu ini menilai Hermando Walilo, pemain muda milik klub Asrama Nabire (Asnab) FC memiliki kemampuan sebagai pengatur ritme pemainan.

Kaka Edu mengaku menyaksikan langsung Hermando Walilo tampil impresif dalam turnamen sepak bola Waena Cup I 2021 yang diselenggarakan di lapangan Obhokhouw Emsyk Waena, beberapa waktu lalu.

Ia ternyata kepincut dengan aksi Hermando Walilo menguasai lapangan tengah tim Asnab FC pada turnamen yang dimenangkan tim PON Papua dalam drama adu penalti dengan tim Ifan Sport FC.

Baca Juga:  Skuat Persipura Awali Babak Play-off Degradasi Dengan Berat

“Selama turnamen Waena Cup, saya memang memantau pemain muda. Syukurlah, saya dapat beberapa nama. Ada tiga pemain yang saya rekomendasikan untuk bergabung bersama kami,” jelasnya.

Selain Hermando Walilo, dua nama lainnya menurut Edu, adalah Sampari Piter Warjukur (Tunas Muda Hamadi FC) dan Steven Maldini Ohee (Waena FC).

“Sampari Warjukur berposisi di back kiri, sedangkan Steven Ohee penyerang. Sejak awal April lalu mereka tiga sudah bergabung dengan tim,” jelasnya.

Sesuai rancangan kerangka tim, pelatih kelahiran Merauke ini bakal memproyeksikan Hermando Walilo sebagai playmaker yang selama setahun lebih pemusatan latihan belum ada pemain di posisi sentral itu.

Dalam beberapa kesempatan uji coba, Edu memang melihat kelemahan tim besutannya adalah belum ada pemain yang mampu mengatur irama permainan sekaligus memanjakan striker dan penyerang sayap menjebol gawang lawan.

Baca Juga:  PSBS Siap Menuju Liga 1 Usai Ambil Satu Poin di Aceh

Meski kondisi Ricky Cawor dkk sudah dianggap lengkap, ia akui kekurangannya ada pada posisi playmaker.

“Memang belum ada playmaker, dan kekurangan itu satu tantangan bagi kami pelatih. Sebelum pertandingan, saya terus mencoba pemain baru ini di posisi playmaker. Semoga bisa menjawab harapan kita semua,” tutur Edu.

Terpisah, Yuleksi Kayame, manager Asnab FC, membenarkan, salah satu pemain andalannya telah direkrut masuk ke tim sepak bola PON Papua.

“Benar, pemain kami atas nama Hermando Walilo sudah dipanggil Kaka Edu untuk bergabung dengan tim PON Papua,” kata Kayame menjawab pertanyaan suarapapua.com.

Baca Juga:  Ramai Rumakiek Beringas, Persipura Sikat Kalteng Putra 2-1

Pilot muda ini bahkan mengapresiasi keputusan coach Eduard Ivakdalam menjaring pemain muda dari turnamen Waena Cup I.

“Kaka Edu sangat jeli memantau penampilan para pemain. Adik Hermando Walilo memang punya skill bagus dan dia layak bermain di tim PON Papua.”

Manajemen bersama pasukan Asnab FC, imbuh Yuleksi, selanjutnya tetap mendukung Hermando Walilo dalam kariernya bersama tim sepak bola PON Papua.

“Adik Hermando Walilo berasal dari kabupaten Jayawijaya. Ayahnya asli Wamena dan mama suku Mee. Pasti ada rasa bangga bagi kami masyarakat Meepago, juga Lapago. Kami tetap mendukung selama proses latihan hingga penampilannya di PON XX nanti,” tandasnya.

REDAKSI

Terkini

Populer Minggu Ini:

Forum Pro Demokrasi Akan Laporkan Pelanggaran Pemilu Distrik Dekai Kepada Bawaslu...

0
“Kemarin kami melihat juga proses rekapan dan pleno yang juga memakan beberapa waktu, sehingga Bawaslu harus bertindak tegas. Karena jadwal pelaksanaan dalam PKPU kan sudah diatur,” ucapnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.