BeritaOlahragaAssist Boaz ke Torres Jungkalkan Persipura

Assist Boaz ke Torres Jungkalkan Persipura

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Persipura Jayapura harus mengakui keunggulan Borneo FC saat mengawali Seri 3 kompetisi BRI Liga 1 2021/2022, malam ini di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Gol kemenangan Borneo FC dicetak Francisco Torres pada menit 71 memanfatkan assist Boaz Solossa dari sisi kanan Persipura.

Boaz yang masuk menggantikan Wawan Febrianto pada menit 70, membawa angin segar bagi tim berjuluk Pesut Etam. Selain memberi satu bola sodoran manja berbuah gol, Boaz juga nyaris membobol gawang Persipura yang dikawal Fitrul Dwi Rustapa.

Persipura yang sudah “takandas” di papan bawah kian dijungkalkan lagi dengan kemenangan dari Borneo FC.

Trend buruk kembali berlanjut di laga ke-12 ini. Tercatat sembilan kali menderita kekalahan, dan hanya satu kali menang dan dua kali imbang di awal musim ini. Hasilnya Persipura baru koleksi lima poin.

Sejatinya, raih poin sempurna sudah harus digapai tim Mutiara Hitam dibawah asuhan Jacksen F Tiago agar keluar dari zona degradasi. Tetapi, Persipura sulit meraup kemenangan.

Dalam sesi konferensi pers pre-match kemarin, Jacksen mengaku laga berat harus dihadapi tatkala berduel dengan Borneo FC. Apalagi, Persipura tak akan diperkuat 11 pemain pilarnya.

Baca Juga:  Hajar Semen Padang 3-0, PSBS Biak Kunci Juara Liga 2

Para pemain yang absen dalam pertandingan ini yakni Ian Kabes, Doni Monim, Ricardo Salampessy, Ricky Kayame, Theo Numberi, Todd Ferre, Ramai Rumakiek, Irsan Lestaluhu, Israel Wamiau, Hendrique Motta, dan Imanuel Rumbiak.

Jacksen menyebut situasi ini cukup repot untuk meramu kekuatan menghadapi Borneo FC.

“Kendala kami, beberapa pemain kami tidak bisa dimainkan dengan berbagai alasan. Hanya pemain lain yang saya mainkan lawan Borneo FC,” katanya.

Jikapun sebagian pemain andalan absen lantaran masih dibalut cedera, beberapa lagi akumulasi kartu dan panggilan Timnas Indonesia, starting eleven yang dipercayakan turun di laga ini belum mampu menjalankan tugasnya untuk meraih hasil positif. Akibatnya, Persipura belum bisa lepas dari jurang degradasi.

Borneo FC menurut Jacksen tim kuat yang berambisi sebagai calon juara musim ini. karenanya, tak mudah atasi apalagi dengan berkurangnya kekuatan pemain.

Baca Juga:  PFA Cetak Sejarah Gemilang di Selangor Open Malaysia dan Piala Barati 2024

Menang atas Persipura disambut gembira Risto Vidakovic, pelatih kepala Borneo FC.

Hasil ini menurutnya sesuai target yang diusung kala meladeni tim asal Kota Jayapura itu.

Dengan kemenangan itu, kata Vidakovic, menjadi modal untuk menatap tujuh pertandingan berikut di Seri 3.

Keterangan dari media officer Borneo FC, misi sapu bersih telah dikumandangkan pihak manajemen Pesut Etam.

Dandri Dauri, manajer Borneo FC bahkan menyatakan enam kemenangan dari delapan laga di Seri 3 harus direngkuh Boaz dan kawan-kawan.

Itu artinya, sisa dua pertandingan dipatok dengan hasil seri sudah cukup bagi Borneo FC melaju ke papan atas klasemen untuk menyaingi Arema FC dan Persija Jakarta.

Dandri menyebut kedua tim tersebut sulit disaingi. Tetapi, kata dia, segala hal bisa terjadi. Artinya, peluang tembus ke papan atas bukan sesuatu yang muluk.

Dandri sangat yakin Risto Vidakovic bersama staf pelatih akan menunaikan tugasnya dengan baik untuk menjawab target manajemen di laga Seri 3 hingga putaran kedua nanti.

Harapan Ahmad Amiruddin, asisten pelatih Borneo FC, yang meminta pemain tak remehkan Persipura sebagai penghuni papan bawah, terjawab. Meski mendapat perlawanan, skuatnya mampu maksimalkan laga ini dengan mencetak satu gol indah.

Baca Juga:  Leg Kedua Sore Ini di Biak, Persiraja Siap Dipulangkan PSBS

Borneo FC dengan kemenangan ini mulai membuka asa ke papan atas. Dengan tambahan tiga poin saat ini naik peringkat 11.

Sedangkan, bagi Persipura, kekalahan malam ini menyulitkan keluar dari ancaman degradasi dengan posisi 18.

Terjadwal, laga berikut Ian Kabes dan kawan-kawan akan menghadapi TIRA Persikabo.

Setelah itu lawan PSM Makassar, Bhayangkara FC, PSS Sleman, PSIS Semarang, Persela Lamongan, dan Persija Jakarta.

Susunan Pemain

PERSIPURA: Fitrul Dwi Rustapa, David Rumakiek, Wulf Horota, Brian Fatari, Muhammad Tahir, Nelson Alom/Elisa Basna, Takuya Matsunaga, Hedipo Gustavo, Gunansar Mandowen, Yohanes Pahabol/Joshua Isir, Yevhen Bokhasvhili.

Pelatih: Jacksen F Tiago

BORNEO FC: Gianluca Pandeynuwu, Rifad Marasabessy, Javlon Guseynov, Wildansyah, Leo Guntara, Hendro Siswanto, Jonathan Bustos/Sultan Samma, Muhammad Sihran, Wawan Febrianto/Boaz Solossa, Terens Puhiri, Fransisco Torres/Wahyudi Hamisi.

Pelatih: Risto Vidakovic

REDAKSI

Terkini

Populer Minggu Ini:

Ribuan Data Pencaker Diserahkan, Pemprov PBD Pastikan Kuota OAP 80 Persen

0
“Jadi tidak semua Gubernur bisa menjawab semua itu, karena punya otonomi masing-masing. Kabupaten/Kota punya otonomi begitu juga dengan provinsi juga punya otonomi. Saya hanya bertanggung jawab untuk formasi yang ada di provinsi. Maka ini yang harus dibicarakan supaya apa yang disampaikan ini bisa menjadi perhatian kita untuk kita tindaklanjuti. Dan pastinya dalam Rakor Forkopimda kemarin kita juga sudah bicarakan dan sepakat tentang isu penerimaan ASN ini,” ujarnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.