BeritaOlahragaLiga 3 Papua Diikuti 9 Tim, Kick Off Sore Ini di SBY

Liga 3 Papua Diikuti 9 Tim, Kick Off Sore Ini di SBY

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Dari 14 tim yang disahkan sebelumnya, terakhir hanya 9 tim yang dipastikan akan mengikuti kompetisi Liga 3 PSSI zona Papua tahun 2021.

Malhai Mabel, ketua panitia pelaksana kompetisi Liga 3 Papua, menjelaskan, setelah mengecek kepastian seluruh peserta kompetisi, hanya 9 tim yang lolos memenuhi persyaratan administrasi.

“Kompetisi tahun ini akan diikuti oleh sembilan tim saja, yaitu Dogiyai FC, Persemi Mimika, Persimer Merauke, Persigubin Pegunungan Bintang, Persiker Keerom, Mamberamo United FC, Persimi Sarmi, Elang Brimob FC, dan Persitoli Tolikara,” ujarnya usai technical meeting di kantor Asprov Papua, Kamis (25/11/2021) malam.

Itu artinya, ada lima yang tak akan ikut bertanding karena tak memenuhi persyaratan administrasi sebelum dilakukan drawing nomor undian, pembagian pool dan jadwal pertandingan.

Baca Juga:  Leg Kedua Sore Ini di Biak, Persiraja Siap Dipulangkan PSBS

“Lima tim itu antara lain Persidafon Dafonsoro, PS Embun Supiori, Persilani Lanny Jaya, Persemar Mamberamo Raya, dan Sarmi FC,” sebut anggota Exco Asprov PSSI Papua ini.

Dari pantauan media ini, sikap sportif diperlihatkan pertama kali oleh pengurus Persidafon Dafonsoro dalam rapat technical meeting yang menyatakan mengundurkan diri karena kesulitan menebus kewajiban setiap tim peserta kompetisi Liga 3 tahun 2021.

“Kompetisi Liga 3 dilanjutkan saja. Mohon maaf, kami Persifadon harus berjiwa besar, karena sulit, tidak ikut serta pada tahun ini,” ujar salah satu perwakilan tim sepak bola asal kabupaten Jayapura itu.

Sikap nyaris sama juga datang dari empat klub lain, yang hingga jelang drawing belum bisa menunaikan kewajiban melengkapi administrasinya.

Baca Juga:  Hajar Semen Padang 3-0, PSBS Biak Kunci Juara Liga 2

Dari hasil drawing diketahui Pool A terdiri dari Mamberamo United FC, Elang Brimob FC, Persigubin Pegunungan Bintang, Persitoli Tolikara, dan Persimi Sarmi.

Sedangkan di Pol B adalah Persiker Keerom Dogiyai FC, Persemi Mimika, dan Persimer Merauke.

“Pembukaannya di Stadion Barnabas Youwe Sentani pada hari Jumat (26/11/2021) sore Pukul 15.00 WIT, akan mempertemukan Elang Brimob versus Mamberamo United FC,” kata Mabel.

Selain Stadion Barnabas Youwe untuk Pool A, pertandingan untuk Pool B di Stadion Mandala, Kota Jayapura.

“Untuk Pool B, pertandingan pembuka pada hari Sabtu (27/11/2021) sore, antara Persemi Mimika versus Dogiyai FC di Stadion Mandala,” lanjutnya.

Baca Juga:  Manajer RANS FC Kembali Merumput, Kok Bisa?

Mabel menambahkan, dipastikan dalam technical meeting yang dipimpin Asprov PSSI Papua, setelah dibagi dua pool, selanjutnya akan lolos ke enam besar untuk bertanding hingga pada laga final.

Rocky Bebena, wakil ketua Asprov PSSI Papua, menegaskan, kompetisi Liga 3 akan digelar tanpa dihadiri penonton. Hal itu sesuai perjanjian kerja sama (PKS) antara PSSI dengan Polri.

Terkait hal itu, dalam technical meeting dihadiri pula perwakilan Karo Ops Polda Papua, juga Kabag Ops Polres Jayapura, dan Kabag Ops Polresta Jayapura Kota.

Selain membeberkan sejumlah poin tentang isi PKS, pihak kepolisian menurut AKBP Leonard Akobiarek, juga mempertegas komitmen institusi memberantas mafia dalam persepakbolaan Indonesia di semua level.

Pewarta: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

20 Tahun Menanti, Suku Moi Siap Rebut Kursi Wali Kota Sorong

0
"Kami ingin membangun kota Sorong dalam bingkai semangat kebersamaan, sebab daerah ini multietnik dan agama. Kini saatnya kami suku Moi bertarung dalam proses pemilihan wali kota Sorong," ujar Silas Ongge Kalami.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.