Tiga Anggota TNI Bergabung dengan Gerilyawan TPNPB

0
2618

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Dalam kurun waktu dua tahun terakhir sebanyak tiga anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah bergabung dengan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) di Papua.

Tiga anggota TPNPB tersebut adalah alm. Senat Soll. Setelah keluar dari satuan TNI dia memimpin gerilyawan TPNPB dan melakukan sejumlah upaya gerilya melawan pasukan TNI-Polri di Kabupaten Yahukimo dan akhirnya dia meninggal pada tahun 2021.

Baca Juga:  HRM Rilis Laporan Tahunan 2023 Tentang HAM dan Konflik di Tanah Papua
Senat Soll (IST)

Kedua adalah Lukius Matuan/Hiluka yang membelot dari satuan TNI pada awal tahun 2021 di Intan Jaya. Matuan membelot dari satuan TNI di Pos Bulapa. Hingga saat ini Matuan dikabarkan masih ada di sekitar Intan Jaya dan telah bergabung dengan gerilyawan TPNPB yang berjuang melawan TNI-Polri di wilayah tersebut.

Luky Matuan. (ist)

Dan yang terakhir adalah Yotam Bugiangge. Yotam meninggalkan satuan TNI dan bergabung dengan TPNPB pada 18 Desember 2021. Dia berasal dari satuan TNI Kompi 756 Kelana Yudha Kompi Senggi Distrik Senggi Kab. Keerom.

Baca Juga:  Usut Tuntas Oknum Aparat yang Diduga Aniaya Warga Sipil Papua
Yotam Bugiangge. (IST)

Tiga anggota TNI menyerah setelah mendapat pendidikan perang, strategi perang dan sejumlah hal penting yang berkaitan dengan militer secara resmi dari negara. Bergabungnya tiga anggota TNI ke gerilyawan TPNPB ini dapat dipastikan akan menjadi sebuah kekuatan baru bagi TPNPB.

ads

Mereka telah mengikuti proses pelatihan, latihan, pendidikan, pengetahuan dan strategi tentang perang dari negara. Sehingga dipastikan mereka akan menjadi satu kekuatan yang akan memperkuat TPNPB dalam upaya melawan TNI-Polri di Tanah Papua.

Baca Juga:  Desak Pelaku Diadili, PMKRI Sorong Minta Panglima TNI Copot Pangdam Cenderawasih

REDAKSI

Artikel sebelumnyaThe Morning Star versus Waleman the Blues, Final Liga 3 Papua Sore Ini
Artikel berikutnyaKemerdekaan Bangsa Papua Ada di Tangan Rakyat Papua