Benny Wenda Disambut di Basque dan Meminta PBB Berdiri untuk HAM

0
1553
Koldo Martínez Urionabarrenetxea dan Benny Wenda dan Oridek Ap. (Supplied for SP)
adv
loading...

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Pekan lalu, Interim Presiden, Benny Wenda dan Kepala Misi ULMWP untuk Uni Eropa, Oridek Ap disambut di Basque oleh Wakil Ketua Senator Parlemen Internasional untuk West Papua (IPWP) Gorka Elejabarrieta, dan disambut Senat dan Kongres Spanyol di Madrid.

“Basque” merujuk pada budaya, bahasa, dan penduduk beretnis Basque yang tinggal di sebagian wilayah Spanyol dan Perancis. Tiga provinsi Spanyol (Alava, Vizcaya, dan Guipuzcoa) dihuni orang Basque. Sejak konstitusi Spanyol 1978 disahkan dan berlaku pada tahun baru 1979, tiga wilayah tersebut kini berstatus daerah otonom. Pada 2011, populasi Basque berusia 16 tahun ke atas tercatat sekitar 2,6 juta jiwa.

Dalam kunjungan tersebut, delegasi Pemerintahan Sementara ULMWP diterima di Parlemen Basque di Gastiez (Vitoria) oleh Presiden Parlemen, Bakartxo Tejeria Otermin. Mereka juga diundang oleh Komite Urusan Luar Negeri untuk memberikan informasi terbaru tentang krisis hak asasi manusia,, termasuk tentang 60.000 orang yang saat ini mengungsi karena operasi militer di tanah Papua.

Di Parlemen Navarre, di Iruña (Pamplona), mereka disambut oleh Presiden Unai Hualde dan diundang untuk memberikan informasi terbaru kepada Komisi Koeksistensi dan Solidaritas Internasional, di mana keprihatinan juga disuarakan tentang akses untuk Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia ke tanah Papua.

Baca Juga:  Berlakukan Operasi Habema, ULMWP: Militerisme di Papua Barat Bukan Solusi

Di Madrid, Interim Presiden Wenda dan Oridek dijamu oleh spektrum yang luas dari Senator lintas partai, yang mengkonsolidasikan dukungan mereka untuk kunjungan Komisaris Tinggi PBB, Bachelet dan menawarkan solidaritas mereka dengan orang-orang Papua Barat.

ads

Presiden Wenda dapat mengucapkan terima kasih kepada mereka, atas nama ULMWP dan orang-orang Papua Barat, atas mosi mereka, yang disahkan oleh Komite Luar Negeri Maret lalu.

Selain itu, pihaknya diundang bertemu dengan spektrum luas yang sama dari Deputi Kongres yang juga berbagi keprihatinan mereka atas hak asasi manusia dan menawarkan dukungan mereka.

Atas sambutan itu, Interim Presiden, Wenda atas nama rakyat Papua Barat menyampaikan terima kasih Wakil Ketua Senator IPWP, pihak Parlemen Basque, Senat serta Kongres Spanyol.

“Atas nama Pemerintah Sementara ULMWP dan rakyat Papua Barat, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Wakil Ketua Senator IPWP Elejabarrieta, Parlemen Basque dan Senat dan Kongres Spanyol atas sambutan hangatnya kepada kami.”

“Solidaritas dan tuntutan hak asasi manusia ini tidak akan dilupakan oleh orang-orang Papua Barat, atau oleh sejarah. Perjuangan kami telah lama, dan saat kami terus berjalan di jalan panjang menuju kebebasan bagi rakyat kami. Maka mereka yang membela demokrasi dan hak asasi manusia berjalan di samping kami dan membantu menempa jalan,” tukas Wenda sebagaimana release kepada Redaksi Suara Papua belum lama ini.

Baca Juga:  Pacific Network on Globalisation Desak Indonesia Izinkan Misi HAM PBB ke West Papua

Senator Navarra.  Dari Geroa Bai eta GEROA SocialGreens.  Dokter di kedokteran.  Magister Bioetika.  Master Eropa dalam Bioetika.  Magister Seksualitas Manusia.

Koldo Martínez Urionabarrenetxea, Senator Navarra.  Dari Geroa Bai eta GEROA SocialGreens mengatakan, “Kita pernah bertemu di @Senadoesp dengan @BennyWenda dan Oridek Ap, @FreeWestPapuaNL untuk menunjukkan kepada mereka solidaritas dan dukungan kita dalam perjuangan mereka untuk #penentuan nasib sendiri dan kebebasan di Papua Barat seperti yang mereka lakukan kemarin di @parlamentoNA,” kata Senator Koldo.

Koldo Martínez Urionabarrenetxea, Senator Navarra.  Dari Geroa Bai eta GEROA SocialGreens mengatakan, “Kita pernah bertemu di @Senadoesp dengan @BennyWenda dan Oridek Ap, @FreeWestPapuaNL untuk menunjukkan kepada mereka solidaritas dan dukungan kita dalam perjuangan mereka untuk #penentuan nasib sendiri dan kebebasan di Papua Barat seperti yang mereka lakukan kemarin di @parlamentoNA,” kata Senator Koldo.

Gorka Elejabarrieta, Senator Basque dan Director Departemen Hubungan International EH Bildu Basque di Madrid Spanyol usai bertemua Benny Wenda dan Oridek Ap mengatakan, bahwa pertemuan pihaknya dengan Benny Wenda dan Oridek Ap sukses di Senat dan Kongres. Termasuk beberapa anggota parlemen dan senat ikut hadir.

Baca Juga:  TETAP BERLAWAN: Catatan Akhir Tahun Yayasan Pusaka Bentala Rakyat 2023

“Komisaris Tinggi PBB Michelle Bachelet harus mengunjungi West Papua. Konflik di sana perlu diperbaiki melalui dialog dan mengakui hak West Papua untuk menentukan nasib sendiri,” tukas Gorka.

Serupa disampaikan Albert Borton Pahissa, sejarawan, politikus Spanyol dari Catalonia, anggota Deputi Kongres Spanyol yang mana ia mengaku senang bertemu dengan Benny Wenda dan Oridek Apa.

“Senang bertemu Presiden @BennyWenda dan @Oridek perwakilan dari Papua Barat. Mereka telah memberitahu kami tentang represi Indonesia terhadap rakyatnya. #UN harus berdiri untuk hak asasi manusia dan penentuan nasib sendiri untuk negara ini #FreeWestPapua #Merdeka,” pungkasnya.

 

REDAKSI

Artikel sebelumnyaWP Action Aotearoa Serukan Pemerintah Selandia Baru Mengutuk Tuduhan Terhadap Victor Yeimo
Artikel berikutnyaPBB Mendesak Segera Mengirimkan Bantuan Kemanusiaan ke Tanah Papua