PasifikVanuatu Kesal Dengan Sumbangan Polri ke Sekretariat MSG

Vanuatu Kesal Dengan Sumbangan Polri ke Sekretariat MSG

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Pemerintah Vanuatu melalui Menteri Luar Negeri, Marc Ati telah menyatakan kekecewaannya atas pengumuman Direktur Jenderal Sekretariat Melanesian Spearhead Group (MSG) mengenai kontribusi sukarela yang baru-baru ini diberikan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia kepada Sekretariat MSG dana sebesar 100.000 USD (VT10,9 juta).

“Keterangan pers sekretariat sekretariat menyiratkan bahwa sumbangan tersebut mendapat dukungan dari anggota, yang sebenarnya tidak,” kata Menteri Ati belum lama ini.

“Sementara donasi itu untuk mendukung pengembangan strategi keamanan regional MSG. Hal itu memang tidak direstui oleh seluruh anggota MSG. Selain itu, mengingat bahwa donasi itu untuk mempromosikan tujuan umum MSG guna perdamaian dan keamanan, pembangunan berkelanjutan dan kemakmuran dalam rencana tahun 2038. Kemakmuran untuk Semua,” katanya sambil menambahkan bahwa misalnya yang tepat konsultasi dengan seluruh anggota sebelum menerima dana tersebut.

Baca Juga:  Gereja Pasifik Desak MSG Keluarkan Indonesia Jika Tidak Memfasilitasi Komisi HAM PBB Ke Papua

Hal ini juga harus memperhatikan kepekaan terkait isu seputar aksesi Indonesia ke MSG sebagai anggota Asosiasi.

“Yang menjadi semakin jelas bagi Vanuatu adalah bahwa sementara keanggotaan asosiasi Indonesia dalam grup berdasarkan mewakili dan melindungi populasi etnis Melanesia. Ini orang yang sama terus terpinggirkan dan tertindas, terutama di Provinsi Papua dan Papua Barat.”

Baca Juga:  Pacific Network on Globalisation Desak Indonesia Izinkan Misi HAM PBB ke West Papua

“Sebagai organisasi yang didirikan untuk mengangkat penderitaan penduduk Melanesia yang terus terpinggirkan di tanah mereka sendiri, MSG tidak memiliki tempat untuk mengejar politik subversif atau dominasi. Terutama oleh pemain yang lebih besar atas keanggotaannya.”

Vanuatu mengimbau anggota komunitas global untuk secara hati-hati menegaskan pengaruh mereka, melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa, organ-organ tambahannya, komite dan konvensi, untuk menangani urusan kolonialisme yang belum selesai, dan pelanggaran hak asasi manusia yang sedang berlangsung di Pasifik, terutama di Papua Barat.

Baca Juga:  Ancaman Bougainville Untuk Melewati Parlemen PNG Dalam Kebuntuan Kemerdekaan

Pemerintah Vanuatu juga mengulangi seruan kepada Kantor Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia untuk melakukan misi pencarian fakta yang telah lama tertunda ke Papua Barat. Seruan itu dibuat oleh pemimpin di Pacific Islands Forum pada 2019.

Disamping ancaman dan tantangan keamanan umum yang dihadapi oleh ‘MSG’ dan Pasifik, seperti ancaman eksistensial perubahan iklim, dan kerusakan akibat COVID-19 yang sedang berlangsung.

 

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

HRM Melaporkan Terjadi Pengungsian Internal di Paniai

0
Pengungsian internal baru-baru ini dilaporkan dari desa Komopai, Iyobada, Tegougi, Pasir Putih, Keneugi, dan Iteuwo. Para pengungsi mencari perlindungan di kota Madi dan Enarotali. Beberapa pengungsi dilaporkan pergi ke kabupaten tetangga yakni, Dogiyai, Deiyai, dan Nabire.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.