Tanah PapuaLa PagoNatalia Balingga Raih Juara Satu Lomba Fashion Show

Natalia Balingga Raih Juara Satu Lomba Fashion Show

DEKAI,  SUARAPAPUA.com — Eklesia Natalia Binmeyom Balingga tampil sebagai pemenang dalam lomba fashion show rajutan bahan lokal yang diselenggarakan di Gedung Olahraga (GOR) kabupaten Yahukimo, Selasa (19/4/2022).

Kegiatan yang difasilitasi Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) kabupaten Yahukimo itu diikuti 34 orang. Para peserta lomba tunjukkan busana dan aksesoris hasil rajutan bahan lokal dengan memberikan penjelasan sesuai anjuran panitia lomba.

Natalia selain penampilannya yang baik, memberikan keterangan busana dan aksesoris khas yang dia kenakan dengan menggunakan bahasa Inggris menjadi poin plus bagi juri satu hingga juri empat nilai rata-rata 90.

Peserta lomba utusan Gereja GIDI Ebenhaezer Dekai itu merasa bangga bisa tampil dengan balutan busana noken rajutan lokal.

Baca Juga:  Wapres RI dan Enam Pj Gubernur Tanah Papua Dikabarkan Hadiri Hut PI Lembah Balim

“Saya bangga bisa bawa nama baik kami terlebih khusus perempuan gunung dalam hal busana berbahan noken,” kata Natalia.

Sebelumnya, siswi SMP Kristen Dekai Yahukimo itu sempat ikut lomba fashion show pada sembilan tahun silam.

“Dulu pernah tampil, itu waktu saya masih TK,” jelasnya.

Tampil apik dalam fashion show bukanlah impian dara manis ini, namun ketika mendapat kesempatan ikut perlombaan dan menjadi pemenang, termotivasi untuk terus belajar.

“Awalnya tidak, tetapi setelah saya diajak untuk ikut lomba, saya menjadi pemenang. Tuhan itu sungguh baik, bisa beri saya kesempatan lagi dan akhirnya membawa nama baik Gereja saya.”

Natalia berharap perlombaan seperti ini rutin diadakan oleh pemerintah termasuk PKK Yahukimo agar muncul banyak kaum muda dengan bakat-bakatnya.

Baca Juga:  Konflik Horizontal di Keneyam Masih Berlanjut, Begini Tuntutan IPMNI

“Memang perlu ditingkatkan supaya generasi muda bisa tahu bahwa budaya itu ada dan harus dikembangkan,” harapnya.

Ammy J. Yahuli, ketua TP-PKK kabupaten Yahukimo, mengatakan, peserta lomba fashion show yang meraih juara satu, dua, tiga dan juara harapan satu sampai tiga diberikan piala dan piagam.

“Sungguh luar biasa antusiasnya dari seluruh peserta. Yang tidak juara, jangan patah semangat karena lombanya bukan kali ini saja. Nanti ada lomba-lomba berikut juga,” kata Ammy.

Ammy mengajak peserta lomba yang memiliki bakat dan keberanian harus bangkit ambil bagian di tingkat kabupaten, bila perlu tampil di ajang yang lebih menantang baik di tingkat provinsi bahkan tingkat nasional.

Baca Juga:  FPD Yahukimo Aksi di Kantor KPU Papua Pegunungan Tuntut Pleno Dibatalkan

“Kita bisa tampil di tingkat internasional juga. Kalau tingkat internasional itu standarnya sudah lebih tinggi lagi. Puji Tuhan, hari ini kita dapat satu peserta yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris cukup baik. Penguasaannya mantap, dan itu menandakan kita bisa go international,” tuturnya.

Yahuli menyebut event ini bagian dari upaya mengangkat budaya Papua khususnya dari suku-suku yang ada di kabupaten Yahukimo.

“Kita harus tunjukkan apa yang kita punya dari tempat ini. Pakaian dan aksesoris tradisional yang kamu pakai itu secara tidak langsung sudah mengangkat nilai-nilai budaya kita.”

Selain lomba fashion show, juga diadakan lomba lukis batik.

Kegiatan perlombaan diselenggarakan selama dua hari (19-20/4/2022).

Pewarta: Atamus Kepno
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pemkab Yahukimo Belum Seriusi Kebutuhan Penerangan di Kota Dekai

0
“Pemerintah kita gagal dalam mengatasi layanan penerangan di Dekai. Yang kedua itu pendidikan, dan sumber air dari PDAM. Hal-hal mendasar yang seharusnya diutamakan oleh pemerintah, tetapi dari pemimpin ke pemimpin termasuk bupati yang hari ini juga agenda utama masuk dalam visi dan misi itu tidak dilakukan,” kata Elius Pase.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.