BeritaSejumlah Pemain Veteran Bakal Perkuat Persipura di Liga 2

Sejumlah Pemain Veteran Bakal Perkuat Persipura di Liga 2

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Kesebelasan Persipura Jayapura mulai bersiap diri meski terbilang agak terlambat. Beberapa pemain senior asal Papua bakal mengisi komposisi tim Mutiara Hitam dalam mengarungi kompetisi Liga 2 musim 2022/2023.

Hal itu diketahui dari proses persiapan yang telah dimulai sejak awal pekan ini dibawah asuhan pelatih Ricky Nelson bersama Thomas Madjar dan Erol Iba di lapangan Mahacandra Universitas Cenderawasih (Uncen), Waena, Kota Jayapura.

Latihan bersama sekaligus seleksi bagi sejumlah pemain dipusatkan di lapangan milik Uncen selama tiga hari sebelum akhirnya berpindah ke lapangan pemanasan Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan, Sentani Timur, kabupaten Jayapura.

Selain Patrick Wanggai dan Oktovianus Maniani yang juga pernah berkostum Persipura pada beberapa musim lalu, pemain kenyang pengalaman seperti Yohanis Nabar dan Mario Aibekob disebut-sebut bakal menghiasi komposisi Persipura pasca degradasi dari Liga 1 musim kemarin.

Menurut Ricky Nelson, mereka akan dipadukan dengan pemain senior Persipura, seperti Yustinus Pae, Ian Luis Kabes, Ricardo Salampessy, dan Muhammad Tahir. Juga para pemain muda yang masih bertahan, antara lain Melvin Rumakiek, Gunansar Mandowen, Brian Fatari, Alpons Migau, Jusack Isir, Wulf Horota, Patrick Womsiwor, Fridolin Yoku, dan Charenz Huwae.

Baca Juga:  PSBS Biak Pecahkan Sejarah: Laju ke Final Liga 2 Sekaligus Promosi Liga 1

Bersama 13 pemain musim lalu, Ricky Nelson membutuhkan sejumlah pemain mengisi masing-masing lini hingga mencapai 35 pemain yang akan diproyeksikan untuk berlaga di kompetisi Liga 2.

Pasukan yang akan disiapkan selama beberapa pekan kedepan juga kemungkinan besar akan tampil di Piala Indonesia 2022.

“Kita ikut kompetisi liga dua dan juga Piala Presiden, sehingga tentunya butuh pemain yang siap menggantikan posisi bilamana ada yang cedera atau lain-lain. Saat ini kita fokus pemulihan kondisi sambil saya memantau para pemain, barulah kita masuk persiapan taktikal dan lain-lain,” kata Ricky.

Selama enam hari terakhir, terdapat beberapa amunisi baru bagi Persipura seperti kiper Dedy Haryanto dan Samuel Mahuse, juga Frengky Kogoya, Ayub Antoh, Zhan Mayor, Imanuel Basna, Putera Rumafabe, Irfan Mofu, Kelvin Wopi, Eljo Iba, dan Yan Pieter Nasadit.

Baca Juga:  Masyarakat Tolak Pj Bupati Tambrauw Maju Dalam Pilkada 2024

Tiga bintang PON XX Papua, Yeter Amohoso, Giovani Numberi dan Alex Dusay juga bergabung sejak latihan perdana, Senin (4/7/2022) sore di lapangan Mahacandra Uncen.

Dari sejumlah pemain baru serta yang sudah punya pengalaman di kompetisi Indonesia, Ricky Nelson berharap mereka bisa cepat beradaptasi. Selain berusaha mengembalikan fisik ke tingkat normal.

“Secara umum sudah bagus, hanya memang dari aspek fisik menurun jauh dan itu belum sesuai dengan target saya. Dalam waktu satu bulan kedepan kita akan coba itu dulu sambil proses taktikal yang akan saya terapkan supaya pada saat kompetisi nanti mereka sudah siap,” ujar pelatih berlisensi A AFC itu.

Beberapa pemain seleksi menurut Ricky Nelson, telah dipulangkan dan masih melihat progres dari pemain lain di posisi tertentu. Khusus penjaga gawang dan striker, katanya sudah cukup bahkan dalam waktu dekat satu penyerang akan dicoret.

Baca Juga:  Leg Kedua Sore Ini di Biak, Persiraja Siap Dipulangkan PSBS

Kebijakan pemangkasan pemain terus dilakukan sambil melihat kekurangan di lini lain yang bisa saja butuhkan pemain baru. Kemungkinan itu terbuka lebar, kata Ricky, apakah mendatangkan pemain luar atau pemain asli Papua, masih terus dipelajari untuk menentukan skuat ideal jelang kompetisi Liga 2 musim ini.

Ricky Nelson juga menegaskan komitmen kuat membawa tim besar ini kembali ke jalurnya.

“Target jelas, kembali ke liga satu,” ujarnya mantap.

Selain akan dibantu dua asisten pelatih dan satu pelatih fisik serta dua analis, Ricky Nelson juga mendatangkan Jois Sorongan sebagai pelatih kiper Persipura.

Ricky Nelson merupakan mantan pelatih Borneo FC pada Liga 1 musim 2017. Sempat juga menangani tim sepak bola Nusa Tenggara Timur (NTT) pada PON XX sebelum hijrah ke Manado membesut Sulut United tampil di Liga 2 musim lalu.

 

REDAKSI

Terkini

Populer Minggu Ini:

Non OAP Kuasai Kursi DPRD Hingga Jual Pinang di Kota Sorong

0
SORONG, SUARAPAPUA.com --- Ronald Kinho, aktivis muda Sorong, menyebut masyarakat nusantara atau non Papua seperti parasit untuk monopoli sumber rezeki warga pribumi atau orang...

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.