BeritaDerby Papua: Persewar Versus Persipura, Butuh Poin

Derby Papua: Persewar Versus Persipura, Butuh Poin

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Hasil minor di laga pekan kelima lanjutan kompetisi Liga 2 musim 2022/2023 Grup Timur memaksa Persewar Waropen dan Persipura Jayapura harus raih poin absolut pada pertandingan berikut.

Sabtu (1/10/2022), dua kesebelasan dari Tanah Papua ini akan berjumpa dalam laga “Derby Papua” pada pekan enam.

Bertanding di Stadion Mandala Jayapura, Persewar Waropen bertindak sebagai tuan rumah. Akan menjamu tim tamu, Persipura.

Tak pelak, Persipura yang musim ini setelah degradasi ke Liga 2 memilih “pindah” ke Stadion Utama Lukas Enembe, akan bertandang ke kandang lawasnya. Duel seru akan tersaji di laga ini. Pasalnya, kedua tim sama-sama membutuhkan poin.

Baca Juga:  PT IKS Diduga Mencaplok Ratusan Hektar Tanah Adat Milik Marga Sagaja

Lantas, mampukah Persipura curi poin di kandang Persewar?

Persewar sendiri baru saja kehilangan tiga poin setelah dikalahkan Sulut United di Stadion Klabat Manado, Selasa (27/9/2022).

Karena itulah pada super big match ini Persewar tak mungkin mau lepas kemenangan ke Persipura. Jelas, tim berjuluk Mutiara Bakau butuh kemenangan untuk dongkrak posisinya di klasemen sementara. Apalagi setelah kalah 3-2 dari Sulut United.

Dalam lawatannya ke Manado, Eduard Ivakdalam boyong 17 pemain saja. Mayoritas jebolan PON XX yang dibawa ke Manado.

Sebagian besar pemain, termasuk skuat inti, ditinggal di Jayapura. Dipersiapkan menghadapi Persipura di Stadion Mandala.

Baca Juga:  Aktivitas Belajar Mengajar Mandek, Butuh Perhatian Pemda Sorong dan PT Petrogas

Dua gol Persewar ke gawang Sulut United diborong Rafiko Nawipa, eks jebolan PON XX.

Eksel Runtukahu sumbang dua gol buat tim tuan rumah. Plus gol dari Arbeta Rockyawan.

Kalah dengan skor tipis, posisi Persewar tetap di peringkat keempat dengan mengoleksi delapan poin.

Sementara, Persipura di kandangnya sendiri, Stadion Utama Lukas Enembe, Selasa (27/9/2022) sore, sukses ditahan imbang Putra Delta Sidoarjo (PDS).

Sudah unggul, petaka justru menimpa tim Mutiara Hitam di injury time. Tepat menit terakhir, satu gol balasan PDS langsung buyarkan kemenangan Ricardo Salampessy dan kawan-kawan.

Baca Juga:  KWI dan PMKRI Tolak Tawaran Presiden Jokowi Kelola Tambang

Laga berakhir 1-1.

Hasil imbang menjadi “berkat” bagi PDS dibawah asuhan coach Didik Ludianto.

Kerugian besar bagi Persipura. Sebab hasil draw memaksa skuat besutan coach Ricky Nelson bertahan di urutan kedua dibawah Persiba Balikpapan. Meski sama-sama koleksi 10 poin.

Gagal amankan tiga poin di laga home, Persipura harus kerja keras untuk “sapu bersih” sisa pertandingan sebelum akhiri putaran pertama. Hanya dengan rebut poin absolut, Persipura bisa mantapkan posisinya di papan atas.

Pembuktiannya lusa sore di Stadion Mandala. Kick off pada pukul 15.15 WIT.

 

REDAKSI

 

Terkini

Populer Minggu Ini:

Sikapi Kamtibmas di Yalimo, HMKY dan IMAPA Sampaikan Tuntutan

0
"Mahasiswa Papua dan mahasiswa Yalimo minta aparat harus utamakan pendekatan persuasif dalam upaya pencarian senjata dan amunisi yang dibawa kabur oknum polisi. Saat ini orang tua kami mau hidup dengan tenang," kata Walianggen.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.