PartnersKepala Suku Vanuatu Menginginkan Istiadat Melanesia Dipertahankan Dalam Program Pekerja Musiman di...

Kepala Suku Vanuatu Menginginkan Istiadat Melanesia Dipertahankan Dalam Program Pekerja Musiman di Australia

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Presiden Dewan Kepala Suku Malvatumauri Vanuatu telah mengatakan kepada menteri luar negeri Australia, Penny Wong, bahwa adat Melanesia harus dipertahankan dalam Program Pekerja Musiman.

Kepala Suku Willy Grey Plasua mengatakan hal ini akan memastikan kesejahteraan budaya dan keyakinan warga Vanuatu yang bekerja di Australia untuk tetap terjaga.

Dalam pidatonya menyambut Wong pada hari Senin, Chief Plasua mengatakan skema ini adalah kesempatan yang sangat menguntungkan bagi kaum muda Vanuatu.

Baca Juga:  Pasukan Keamanan Prancis di Nouméa Menjelang Dua Aksi yang Berlawanan

Tetapi dia mengatakan hal itu juga memiliki dampak negatif, khususnya meningkatkan kekerasan dalam rumah tangga, karena para pekerja menjadi rentan terhadap amoralitas.

Kepala Suku Plasua menyalahkan hal ini karena kurangnya hubungan adat, karena kepala suku maupun pendeta tidak hadir.

Penny Wong mengatakan bahwa Pemerintah Australia menyadari masalah yang timbul dari skema tenaga kerja dan merencanakan perubahan untuk menjaga hubungan keluarga.

Baca Juga:  PNG Rentan Terhadap Peningkatan Pesat Kejahatan Transnasional

Menurutnya, pemerintah Australia bersedia bekerja sama dengan Pemerintah Vanuatu untuk mencoba dan menyelesaikan masalah ini dengan cara yang sesuai untuk rakyat.

Samoa menunda pengerahan pekerja
Sementara, negara Samoa telah menunda rencana pengerahan pekerja musiman ke luar negeri, di tengah kekhawatiran atas masalah perekrutan.

Samoa Observer melaporkan Penjabat Perdana Menteri, Tuala Iosefo Ponifasio, mengatakan Kabinet membuat “keputusan sadar” minggu lalu untuk menghentikan program tersebut untuk sementara waktu.

Baca Juga:  Gereja Pasifik Desak MSG Keluarkan Indonesia Jika Tidak Memfasilitasi Komisi HAM PBB Ke Papua

 

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Parpol Harus Terbuka Tahapan Penjaringan Bakal Calon Bupati Tambrauw

0
SORONG, SUARAPAPUA.com --- Forum Komunikasi Lintas Suku Asli Tambrauw mengingatkan pengurus partai politik di kabupaten Tambrauw, Papua Barat Daya, untuk transparan dalam tahapan pendaftaran...

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.