BeritaMendagri Lantik Penjabat Bupati Jayapura, Siapa?

Mendagri Lantik Penjabat Bupati Jayapura, Siapa?

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Berakhir sudah desas-desus dan polemik mengenai siapa penjabat bupati Jayapura yang akan ditunjuk pemerintah pusat. Figur pemimpin pelanjut pasca kepemimpinan Mathius Awoitauw-Giri Wijayantoro akhirnya dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, hari ini, Selasa (20/12/2022) di Jakarta.

Siapakah penjabat bupati Jayapura yang hari ini dilantik Mendagri?

Adalah Triwarno Purnomo, staf ahli bidang Politik, Hukum, dan Pemerintahan provinsi Papua.

Triwarno Purnomo dilantik sebagai penjabat bupati Jayapura berdasarkan keputusan Mendagri nomor 100.2.1.3-6266 tahun 2022 tentang pengangkatan penjabat bupati Jayapura, provinsi Papua.

Membacakan naskah pelantikan bertempat di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Kemendagri, Tito menyatakan, kegiatan ini sudah sesuai ketentuan dan resmi untuk selanjutnya yang bersangkutan dapat menjalankan tugas dan wewenang.

Baca Juga:  Direpresif Aparat Kepolisian, Sejumlah Massa Aksi di Nabire Terluka

Tito tegaskan, “Menteri Dalam Negeri dengan resmi melantik saudara Triwarno Purnomo sebagai penjabat bupati Jayapura.”

Mendagri dalam sambutannya mengatakan, pelantikan tersebut sejatinya akan dipimpin gubernur Papua Lukas Enembe. Tetapi, sesuai surat resmi yang diterima, kondisi kesehatan gubernur Papua belum pulih.

Karena itu, sesuai Undang-undang yang berlaku, pelantikan dapat dilakukan oleh Mendagri.

Pelantikan tersebut, kata Mendagri, sebagai konsekuensi berakhirnya masa jabatan bupati-wakil bupati kabupaten Jayapura periode 2017-2022.

Baca Juga:  ULMWP Desak Dewan HAM PBB Membentuk Tim Investigasi HAM Ke Tanah Papua

Selain itu, pemilihan penjabat bupati juga diakuinya sudah melalui sidang pra Tim Penilai Akhir (TPA) berdasarkan berbagai masukan dengan standar operasional prosedur yang berlaku.

Kata Tito, semua masukan dibahas dalam sidang TPA yang dipimpin langsung presiden dan diikuti wakil presiden serta sejumlah menteri maupun pimpinan lembaga.

“Saudara Triwarno Purnomo kemudian dipilih untuk menjadi penjabat bupati Jayapura selama satu tahun kedepan, dan tentu kita akan melakukan evaluasi, pelaporan pertanggungjawaban per tiga bulan melalui gubenur,” jelas Mendagri.

Mantan Kapolda Papua ini berharap, Triwarno Purnomo dapat melaksanakan tugas dengan baik terutama untuk membuat perubahan selama satu tahun di kabupaten Jayapura. Dengan begitu, kehidupan masyarakat di daerah yang akan dipimpinnya selangkah lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga:  Bangun RS Tak Harus Korbankan Warga Sekitar Sakit Akibat Banjir dan Kehilangan Tempat Tinggal

Masa kerja Mathius Awoitauw dan Giri Wijayantoro berakhir tepat Senin (12/12/2022).

Hana Salomina Hikoyabi, sekretaris daerah (Sekda) kabupaten Jayapura, dipercayakan sebagai pelaksana harian (Plh) bupati kabupaten Jayapura. Serah terima jabatan dilakukan di aula lantai dua kantor bupati Jayapura di Gunung Merah, Sentani, ditandai pembacaan SK Gubernur Papua.

Masa kerja Plh bupati Jayapura akan berakhir dengan sendirinya begitu ada keputusan penjabat bupati Jayapura yang hari ini dilantik Mendagri di Jakarta.

REDAKSI

Terkini

Populer Minggu Ini:

20 Tahun Menanti, Suku Moi Siap Rebut Kursi Wali Kota Sorong

0
"Kami ingin membangun kota Sorong dalam bingkai semangat kebersamaan, sebab daerah ini multietnik dan agama. Kini saatnya kami suku Moi bertarung dalam proses pemilihan wali kota Sorong," ujar Silas Ongge Kalami.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.