Tanah PapuaLa PagoPemkab Yahukimo Minta Trigana Air Kembali Layani Rute Jayapura-Dekai

Pemkab Yahukimo Minta Trigana Air Kembali Layani Rute Jayapura-Dekai

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Terhentinya pelayanan penerbangan dari dan ke Dekai, kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, berpengaruh terhadap pelayanan publik, penyelenggaraan pemerintahan, juga perekonomian dan aspek lainnya.

Menyadari hal itu, pemerintah kabupaten (Pemkab) Yahukimo meminta pelayanan penerbangan diaktifkan kembali untuk mendarat di bandar udara (Bandara) Nop Goliat, Dekai, kabupaten Yahukimo.

Setelah pertemuan Forkopimda, Pemkab kabupaten Yahukimo kemudian mengajukan usulan penerbangan rute Jayapura-Dekai-Jayapura ke pihak maskapai pada tanggal 29 Maret 2023 dengan nomor surat: 553/286/BUP-YHK/2023.

Langkah lain menyikapi situasi tersebut, Pemkab Yahukimo telah menjalin komunikasi dan koordinasi dengan semua elemen masyarakat melalui pertemuan terbuka bersama Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan lain-lain sebagai upaya bersama memulihkan situasi keamanan di Dekai dan kabupaten Yahukimo umumnya.

Baca Juga:  Badan Pelayan Baru Jemaat Gereja Baptis Subaga Wamena Terbentuk

“Hal ini telah membawa dampak positif bagi masyarakat luas, sehingga situasi keamanan di kota Dekai saat ini benar-benar telah kondusif,” kata Didimus Yahuli, bupati Yahukimo, dalam surat usulannya.

Sejalan dengan hal itu sekaligus menjawab tingginya kebutuhan masyarakat terhadap akses transportasi udara dalam rangka urusan dinas maupun kepentingan lainnya, pihak maskapai penerbangan dimohon membuka kembali rute Jayapura-Dekai-Jayapura melalui bandara Nop Goliat Dekai.

Baca Juga:  Wapres RI dan Enam Pj Gubernur Tanah Papua Dikabarkan Hadiri Hut PI Lembah Balim

“Kami mengharapkan kepada operator penerbangan untuk membuka pelayanan penerbangan rute Jayapura-Dekai-Jayapura melalui bandar udara Nop Goliat Dekai,” pinta Didimus.

Pesawat Wings Air di Bandara Nop Goliat Dekai, Yahukimo. (Ist)

Sementara itu, Trigana Air Service rute Jayapura-Dekai-Jayapura dibuka kembali mulai 5 April 2023. Yakni pesawat ATR penumpang maupun cargo.

“Mempertimbangkan situasi keamanan untuk sementara agar menggunakan pesawat ATR penumpang atau cargo,” kata Capt Lalu Y, direktur Safety, Security, and Quality (SSQ) Trigana Air Service dalam suratnya.

Baca Juga:  Tragedi Penembakan Massa Aksi di Dekai 15 Maret 2022 Diminta Diungkap

Dijelaskan, petugas bandar udara Nop Goliat Dekai akan mendapat pengamanan. Begitupun sarana telekomunikasi juga akan dilengkapi demi kelancaran dalam pelayanan penerbangan.

“Crew pesawat yang bertugas agar mendapat briefing tentang keamanan terkini di Dekai melalui local cooperation control dan menyiapkan radio VHF air to ground di bandara Dekai,” jelas Lalu.

Pewarta: Atamus Kepno
Editor: Markus You

Terkini

Populer Minggu Ini:

Ribuan Data Pencaker Diserahkan, Pemprov PBD Pastikan Kuota OAP 80 Persen

0
“Jadi tidak semua Gubernur bisa menjawab semua itu, karena punya otonomi masing-masing. Kabupaten/Kota punya otonomi begitu juga dengan provinsi juga punya otonomi. Saya hanya bertanggung jawab untuk formasi yang ada di provinsi. Maka ini yang harus dibicarakan supaya apa yang disampaikan ini bisa menjadi perhatian kita untuk kita tindaklanjuti. Dan pastinya dalam Rakor Forkopimda kemarin kita juga sudah bicarakan dan sepakat tentang isu penerimaan ASN ini,” ujarnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.