Nasional & DuniaCitilink Buka Penerbangan Langsung Denpasar Port Moresby, PNG

Citilink Buka Penerbangan Langsung Denpasar Port Moresby, PNG

Editor :
Elisa Sekenyap

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Maskapai penerbangan Citilink buka rute penerbangan internasional Denpasar Bali ke Jackson Internasional Airpot Port Moresby Papua Nugini. Penerbangan pertama dilakukan pada 2 Juli 2023.

Pesawat yang melakukan penerbangan perdana itu adalah pesawat Citilink jenis A320.

Penerbangan Denpasar – Port Moresby akan dilakukan secara direct atau langsung tanpa transit dari Denpasar ke Port Moresby. Penerbangan akan dilakukan dua kali dalam satu minggu, yakni setiap hari Minggu dan Kamis.

Baca Juga:  Lima Wartawan Bocor Alus Raih Penghargaan Oktovianus Pogau

Direktur Utama Citilink, Dewa Kadek Rai mengaku pembukaan rute internasional tersebut merupakan momen bersejarah untuk kedua negara, terutama untuk Citilink khususnya.

Dewa menambahkan bahwa pembukaan rute baru ini merupakan salah satu bentuk komitmen Citilink dalam meningkatkan konektivitas antar wilayah Indonesia dan Papua Nugini.

“Dibukanya penerbangan rute baru ini juga diharapkan dapat meningkatkan hubungan bilateral antar kedua negara. Citilink senantiasa berkomitmen memastikan seluruh penerbangan berjalan secara optimal dengan mengedepankan aspek keamanan, keselamatan serta kenyamanan bagi seluruh pelanggan,” tukasnya.

Baca Juga:  Meski Dibubarkan, Struktur Kerja ULMWP Resmi Dikukuhkan dari Tempat Lain

Sebelumnya,  penerbangan Air Niguni melakukan penerbangan setiap minggu dari Port Moresby ke Bali ke Indonesia, namun pada tahun 2018 mereka tidak melanjutkan karena alasan penerbangan. Dengan demikian pembukaan rute ini akan memudahkan warga kedua negara untuk melakukan penerbangan direct ke Indonesia dan Papua Nugini.

Kerjasama penerbangan ini awalnya disepakati pada tahun 2013 oleh kedua pemerintah yang mengijinkan untuk penerbangan pesawat komersial baik dari Papua Nugini maupun Indonesia.

Baca Juga:  Prof. Otto Cornelis Kaligis Bicara Lukas Enembe: Kasus Politik!

Sejak Februari 2020, Citilink berupaya kerjasama untuk mengimplementasikan kerjasama itu, dan akhirnya terlaksana pada 2 Juli 2023.

Penerbangan resmi juga akan dilakukan pada 5 Juli 2023 pada saat kunjungan kenegaraan oleh Presiden Jokowi ke Papua Nugini di Gedung APEC PNG.

Terkini

Populer Minggu Ini:

Indonesia Berpotensi Kehilangan Kedaulatan Negara Atas Papua

0
Tindakan bapak Wapres Ma’ruf Amin membicarakan isu penyanderaan pilot Phillip Mark Mehrtenz di Wellington, Selandia Baru, itu tindakan diplomasi yang keliru dan melanggar prinsip-prinsip kepentingan nasional dan kedaulatan negara.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.