PasifikKonferensi Gereja Pasifik Kembali Nyatakan Dukungannya Kepada West Papua Menjadi Anggota MSG

Konferensi Gereja Pasifik Kembali Nyatakan Dukungannya Kepada West Papua Menjadi Anggota MSG

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Konferensi Gereja-Gereja Pasifik atau Pacific Conference of Churches (PCC) kembali menyatakan komitmennya untuk mengadvokasi perjuangan United Liberation Movement of West Papua (ULMWP) untuk menjadi anggota penuh Melanesian Spearhead Group (MSG).

Pekan lalu, PCC dan mitra organisasi masyarakat sipil lainnya menjadi tuan rumah bagi Ketua ULMWP, Benny Wenda dalam sebuah acara doa bersama di Suva, Fiji, di mana dalam acara tersebut bendera Bintang Kejora dikibarkan.

Baca Juga:  PNG Rentan Terhadap Peningkatan Pesat Kejahatan Transnasional

Aksi doa bersama itu dilakukan pihaknya menjelang pertemuan menteri-menteri seni dan Budaya MSG ke-8 (MACM) di Vanuatu pekan ini.

Sekretaris Jenderal PCC, Pendeta James Bhagwan mengatakan bahwa masyarakat Pasifik telah mengakui ULMWP sebagai perwakilan politik rakyat Papua Barat.

“PCC telah mengibarkan bendera Bintang Kejora, meskipun bendera tersebut compang-camping untuk mengingatkan kita bahwa meskipun keluarga atau kampung halaman kita di Papua ditindas, orang-orangnya dipindahkan, ditekan dan menghadapi serangan terus menerus terhadap martabat dan hak asasi manusia mereka.”

Baca Juga:  Negara Mengajukan Banding Atas Vonis Frank Bainimarama dan Sitiveni Qiliho

“Mereka tetap memiliki harapan untuk mendapatkan hak untuk menentukan nasib mereka sendiri,” ujar Pendeta Bhagwan.

“Anda tidak pergi sendiri ke pertemuan MSG itu,” katanya, menambahkan “Anda pergi dengan Tuhan dan dengan kami di dalam hati Anda, mengetahui bahwa sementara Anda menunggu pengakuan resmi ULMWP sebagai anggota penuh dari MSG, Gereja-gereja Pasifik dan Masyarakat Sipil, dan rakyat Pasifik telah mengakui West masuk MSG.”

Baca Juga:  Wawancara Eksklusif Daily Post: Indonesia Tidak Pernah Menjajah Papua Barat!

Terkini

Populer Minggu Ini:

Perda Pengakuan dan Perlindungan MHA di PBD Belum Diterapkan

0
“Kami bersama AMAN Sorong Raya akan melakukan upaya-upaya agar Perda PPMHA  yang telah diterbitkan oleh beberapa kabupaten ini dapat direvisi. Untuk itu, sangat penting semua pihak duduk bersama dan membicarakan agar Perda PPMHA bisa lebih terarah dan terfokus,” ujar Ayub Paa.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.