Komite Nasional Papua BaratKNPB Wilayah TCN Lantik Pengurus Sektor Rahupa dan Yamewa

KNPB Wilayah TCN Lantik Pengurus Sektor Rahupa dan Yamewa

Editor :
Elisa Sekenyap

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Badan Pengurus Wilayah Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Teluk Cenderawasih Nabire secara resmi melantik pengurus KNPB Sektor Rahupa dan Yamewa pada, Sabtu (16/9/2023).

“Pada hari Sabtu 16 September 2023 Badan Pengurus KNPB Wilayah teluk Cenderawasih Nabire lantik pengurus sektor KNPB Rahupa dan Yamewa. Dalam pelantikan itu sekaligus melakukan penyerahan Surat Keputusan (SK) kepada pengurus sektor,” kata Marwery Gobai, Ketua I KNPB Wilayah Teluk Cenderawasih Nabire, Papua Tengah.

Kata Gobai, KNPB merupakan media rakyat bangsa Papua Barat yang bersifat jiwa terbuka untuk organisasi yang berfungsi sebagai organisasi gerakan pembebasan nasional Papua Barat. Maka pihaknya telah melangsungkan kegiatan pelantikan tersebut.

Baca Juga:  DPRP dan MRP Diminta Membentuk Pansus Pengungkapan Kasus Penganiayaan di Puncak

“Acara pelantikan dipandu langsung komandan Keuway Degei. Dilangsungkan juga ibadah yang dipimpin pelayan firman, Ev. Dani dengan diiringi lagu mars KNPB serta mars Papua sebagai pembukaan kegiatan tersebut.”

Dengan pelantikan pengurus KNPB dua sektor maka katanya kedua sektor yaitu sektor Yamewa dan Rahupa resmi menjadi basis KNPB di wilayah Teluk Cenderawasih Nabire.

Gobai berpesan agar dalam perjuangan, harus tunduk pada prinsip-prinsip organisasi KNPB, dan kerja harus sesuai dengan keputusan bersama.

“Kita dipanggil untuk mengakhiri dan menghapuskan derita dan tangisan rakyat bangsa Papua. Jadi harus tunduk di bawa prinsip-prinsip aturan organisasi KNPB, dan kerja sesuai keputusan bersama organisasi. Agenda kerja kita jelas fokus pada memperkuat basis menuju mogok sipil nasional di West Papua,” ujarnya.

Baca Juga:  Ketua KNPB Pegubin Ajak Suku Ngalum dan Ketengban Bersatu

Ia menggarisbawahi bahwa KNPB merupakan organisasi gerakan perlawanan yang bergerak di tanah air West Papua. Anggota KNPB dibunuh, di penjara, disiksa dan lainnya adalah bagian dari gaji yang dilakukan oleh aparat kolonial Indonesia. Namun perlu ketahui bahwa hal-hal itu merupakan kekayaan perjuangan.

Ia juga berpesan kepada rakyat Papua di wilayah teluk cenderawasih Nabire agar tidak menganggap perjuangan itu tidak datang dari luar negeri.

“Tetapi perjuangan itu ada di dalam negeri kita dan mulai dari kita sendiri. Jika persatuan dan kesatuan itu diwujudkan di dalam negeri maka kemerdekaan itu ada di tangan rakyat untuk menentukan nasib sendiri Papua Barat.”

Baca Juga:  KNPB Yahukimo Desak Komnas HAM RI Libatkan Stakeholder Investigasi Kasus Kekerasan di Tanah Papua

Mecky Gobai, Ketua sektor KNPB Yamewa dalam sambutannya mengatakan, pihaknya akan mewujudkan agenda nasional KNPB yaitu mogok sipil nasional.  Agenda itu katanya, pihaknya sebagai KNPB sektor siap emban tugas tersebut.

“Agenda itu kami siap pikul sampai Papua merdeka,” tukas Mecky.

Serupa disampaikan Ketua Pengurus KNPB Sektor Rahupa, Alpiu  Wandagau “melalui pelantikan ini kami siap memperkuat mobilisasi massa menuju mogok sipil nasional (MSN) West Papua,” pungkasnya.

Terkini

Populer Minggu Ini:

Hari Konsumen Nasional 2024, Pertamina PNR Papua Maluku Tebar Promo Istimewa...

0
“Kami coba terus untuk mengedukasi masyarakat, termasuk para konsumen setia SPBU agar mengenal Pertamina, salah satunya dengan menggunakan aplikasi MyPertamina sebagai alat pembayaran non tunai dalam setiap transaksi BBM,” jelas Edi Mangun.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.