BeritaHeadlineTPNPB Akan Gelar Upacara Militer Peringati HUT Papua Merdeka

TPNPB Akan Gelar Upacara Militer Peringati HUT Papua Merdeka

Editor :
Elisa Sekenyap

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Sebby Sambom, Jubir Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menyampaikan pesan dan mengimbau kepada TPNPB di 36 Komando Daerah Pertahanan (Kodap) di seluruh tanah Papua agar peringatan Hut Papua Merdeka pada 1 Desember 2023 dirayakan dengan upacara militer.

“Saya Sebby Sambom, Jubir TPNPB atas nama panglima tinggi dan atas nama Manajemen Komnas TPNPB menyampaikan pesan dan imbauan kepada seluruh rakyat dan pejuang, dan lebih khusus kepada TPNPB di 36 Komando daerah pertahanan di seluruh tanah Papua bahwa 1 Desember merupakan hari di mana diumumkan embrio negara.”

Baca Juga:  Nomenklatur KKB Menjadi OPM, TNI Legitimasi Operasi Militer di Papua

“Di mana telah terjadi berdasarkan piagam PBB, yang mana berdasarkan Piagam PBB itu memerintahkan untuk memberikan kemerdekaan kepada bangsa-bangsa jajahan.”

“Oleh karena itu negara-negara lain dipersiapkan kemerdekaan, termasuk PNG, Fiji, Vanuatu, Solomon Islands yang telah mendapatkan kemerdekaan,” ujar Sebby dalam pernyataannya kepada media, Rabu (29/11/2023).

Bangsa Papua sendiri kata Sebby, telah dipersiapkan Belanda untuk kemerdekaan, di mana dibentuklah parlemen Nieuw Guinea Raad pada 5 April 1961, dan Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

Baca Juga:  TPNPB: Danramil Aradide Ditembak Karena Melakukan Aktivitas Mata-Mata

Lembaga-lembaga itu dibentuk guna menyusun kabinet dan pemerintahan, serta national antherm atau lagu nasional Bangsa Papua. Setelah itu diumumkan embrio negara itu.

“Maka sebagai generasi bangsa Papua, dari tahun ke tahun tetap merayakan hari pengumuman embrio negara bangsa Papua Barat ini. Kami tetap berjuang dan lebih khusus TPNPB merayakan dengan upacara militer di markas –markas dan ini harus dilakukan. Sementara sipil sesuaikan dengan keadaan [yang ada],” pungkasnya.

Baca Juga:  Mahasiswa Papua Minta Presiden Jokowi Copot Jabatan Pangdam XVII/Cenderawasih

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pemkab Yahukimo dan PGGJ Diminta Perhatikan Keamanan Warga Sipil

0
"Sampai saat ini belum ada ketegasan terkait pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di sana. Tidak ada ketegasan dari pemerintah daerah Yahukimo. Kami minta untuk segera tangani.”

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.