Kemenangan Tim Rugby Fiji di Olimpiade Brasil Adalah Kemenangan Masyarakat Pasifik

1
2896

SUVA, SUARAPAPUA.com — Masyarakat secara umum di Fiji menyatakan, keberhasilan tim Rugby Fiji menyabet medali emas di Olimpiade Brasil 2016 adalah kemenangan bagi seluruh masyarakat Melanesia dan Pasifik secara umum.

Mosese Volavola, salah satu pemuda yang ditemu suarapapua.com di ANZ Stadium Suva, Fiji mengakui, kemenangan atas Inggris dan berhasil menyabet emas itu adalah bagian kemangan dari dan atas dukungan keluarga Melanesia dan Pasifik secara keseluruhan.

“Ya, kami bangga tim 7s kami memenangkan pertandingan final antara Inggris di Brasil, karena ini yang pertama kali bisa menyabet emas di level dunia. Kami bangga untuk bisa meraih itu,” kata Mosese Vavavola dengan bangganya sambil menunjuk tim Rugby Fiji yang masuk menemui fansnya di ANZ Stadium, Suva Fiji, Senin (22/8/2016).

Baca Juga:  Ratu Viliame Seruvakula Perjuangkan Keinginan Masyarakat Adat Fiji

Tetapi lanjutnya, kemenangan ini merupakan kemenangan bagi Negara-negara di Pasifik.

“Selama ini kami diabaikan, bahwa mungkin kami di anggap tidak bisa, tetapi ternyata Tuhan luar biasa bisa membawa tim Fiji menyabet emas untuk mewakili semua orang di Pasifik,” ujanya.

ads

Hal serupa disampaikan seorang warga Suva Fiji, Kolinio Vukitabua. Kata Kolinio, pihaknya tidak bisa membayangkan kemenangan ini.

Baca Juga:  Ancaman Bougainville Untuk Melewati Parlemen PNG Dalam Kebuntuan Kemerdekaan

“Setelah kami nonton di televisi bahwa mereka menang, kami bersyukur dan menunggu kedatangan mereka dan hari ini kami datang untuk melihat mereka,” kata Kolinio Vukitabua ketika mengenggam bendera Fiji ukuran 1 meter lebih di terminal Suva ketika menuju ANZ Stadium.

“Kami juga bangga, karena ada beberapa Negara Melanesia turut merayakan kemenangan tim Rugby Fiji ini. Ini adalah sebagai bukti bahwa kemanangan ini merupakan kemenangan bagi kita orang Pasifik,” kata Vukitabua.

Untuk selanjutnya, Volavola mengungkapkan supaya pelatiha asal Inggris, Ben Ryan yang melatih tim Rugby Fiji dan sekaligus mengantarkan tim Rugby menyabet emas untuk dipertahan, walaupun kontraknya sudah habis.

Baca Juga:  PFA Cetak Sejarah Gemilang di Selangor Open Malaysia dan Piala Barati 2024

Acara perayaannya dilakukan di ANZ Stadium Suva Fiji yang dihadiri oleh President Of the Republic Of Fiji, Major,General (Ret’D) Jioji Konousi Konrote dan Perdana Menteri  Josaia Voreqe Bainimarama.

Sementara, hingga malam, Senin (22/8/2016), warga Fiji di Suva, ibu kota Negara Fiji masih merayakan kemenangan itu walaupun hujan. Dimana seluruh rumah, kendaraan dan seluruh masyarakat membawah bendera Fiji sebagai tanda kemenangan.

 

Pewarta: Elisa Ekenyap

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaAMPTPI Wilayah Indonesia Timur dan BEM Uncen Tetap Gelar Konser
Artikel berikutnyaHUT RI Ke-71 di Papua dalam Lensa NKRI