Dikukuhkan, Pengurus DKC Deiyai Siap Susun Program Kerja

0
159

DEIYAI, SUARAPAPUA.com — Pengurus Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwartir Cabang 26-26 Deiyai masa bakti 2017-2020 akhirnya dikukuhkan oleh pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 26-26 Deiyai, Sabtu (18/7/2017) di SMA  Negeri 02 Waghete, Distrik Tigi, Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua.

Feliks Tekege, ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 26-26 Deiyai, mengatakan, pelantikan dilakukan berdasarkan hasil rapat bersama pengurus DKC dan Dewan Kerja Ranting (DKR) untuk mengadakan pergantian ketua DKC sesuai petunjuk penyelenggaraan dewan kerja Pramuka penegak dan pandega.

Setelah lantik pengurus DKC beserta bidang-bidangnya, kata dia, pengurus akan menyusun program kerja.

Pengurus DKC diketuai Patrisius Mote, wakil ketua Berta Pakage, sekretaris I Klemens Madai, sekretaris II Laorensius Adii, dan bendahara Willem Bukega.

Lalu, bidang kajian kepramukaan Yulianus Mote, bidang teknik kepramukaan Fabianus Tekege, bidang pengabdiaan masyarakat Marius Bukega, serta bidang evaluasi dan pengembangan Melkion Takimai.

Kepada pengurus yang baru saja dilantik, Tekege berharap, dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik.

“Kami juga minta DKC dan Kwarcab perlu koordinasi kerja yang baik,” ujarnya saat diwawancarai suarapapua.com di Waghete.

Ia juga menghendaki pengurus pahami manajemen dalam menjalankan tugas dengan berpedoman pada AD/ART Gerakan Pramuka serta keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 080 Tahun 1988 tentang pola dan mekanisme pembinaan Pramuka penegak dan pandega.

Di tempat sama, Robert Pekei, sekretaris I Kwarcab 26-26 Deiyai, menegaskan, DKC adalah wadah bagi Pramuka penegak dan pandega. Untuk itu, perlu ada koordinasi kerja dengan DKR dan Gugus Depan (Gudep) yang ada di kabupaten Deiyai.

“DKC perlu merangkul seluruh Pramuka penegak dan pandega yang ada di tiga kwartir ranting dan semua gudep di kabupaten ini,” kata Pekei.

Sementara itu, Patrisius Mote, ketua DKC terpilih, mengatakan, dalam waktu dekat akan adakan rapat unsur DKC untuk menyusun program kerja yang nantinya dijalankan oleh pengurus.

“Secepatnya kami akan susun program kerja. Ini juga mengingat persiapan Raimuna Nasional (Rainas) tahun 2017 semakin dekat,” kata Patrisius usai pengukuhan.

Agenda lain, menurut Damianus Pekei, bendahara Kwarcab 26-26 Deiyai, pihaknya segera sediakan waktu untuk evaluasi sekaligus menyampaikan laporan pertanggungjawaban (LPJ) tahun 2016.

“Kami akan melaporkan penggunaan keuangan tahun 2016, kepada seluruh anggota Pramuka,” ujarnya saat menyerahkan dana awal kepada pengurus DKC yang baru dilantik.

Pantauan media ini, upacara pengukuhan berjalan lancar hingga diakhiri dengan cemarah dan diskusi singkat.

Pewarta: Yulianus Mote
Editor: Mary Monireng