Polik Kesehatan dan Kantor Bank Papua di Dekai Sudah Dibuka

0
2075

DEKAI,SUARAPAPUA.com— Pertikaian yang terjadi antara dua Distrik, membuat pelayanan Polik kesehatan di Rumah Sakit dan Bank Papua untuk sementara waktu ditutup. Namun, kini sudah dibuka kembali.

Hal tersebut dikatakan Direktur RSUD Dekai kepada suarapapua.com Jumat, (12/10/2018). saat bentrok, pelayanan  di rsud tetap berjalan namun bagian poliklinik dan laboratorium sementara ditutup.

“Polik dan Lab kami tutup mengingat sikon pada itu. Tetapi pelayanan yang lain tetap kami lakukan,” kata Rahel.

Melihat keadaan kota dekai mulai kondusif, Rahel menyampaikan kepada seluruh masyarakat kota dekai, supaya bisa datang untuk berobat di rsud dekai.

“Karena kota dekai terlihat mulai aman, kami kembali membuka pelayanan di polik dan masyarakat yang keluarganya sakit, bisa bawa untuk berobat,” katanya.

Lanjut Rahel, pasien luka-luka akibat bentrok beberapa hari yang lalu, semua dilakukan operasi di rsud dekai. Namun, ada juga yang dirujuk ke jayapura atas permintaan sendiri.

Di tempat yang berbeda, Kepala Bank Papua Daerah (BPD) Dekai mengatakan,terkait situasi yang terjadi kemarin di Ibukota Kabupaten Yahukimo, Bank Papua tutup selama dua hari. dari tanggal 8-9 Oktober 2018 dan mulai buka tanggal 10 Oktober 2018. Namun, setelah bank mendapat informasih bahwa situasi sudah mulai normal sehingga bank sudah kembali buka dan melaksanakan pelayanan seperti biasa.

“Operasional berjalan normal mulai tanggal 10 sampai dengan hari ini. Sehingga masyarakat yang ingin melakukan penarikan,pengiriman, sudah bisa ke bank untuk melaksanakan transaksi perbankan,” kata Nikolas.

Nikolas berharap, situasi di kota dekai tetap aman sehingga, roda perekonomian di kota dekai bisa berjalan dengan baik dan semua aktifitas di kabupaten yahukimo bisa normal kembali.

Sementara itu, situasi di Ibukota Kabupaten Yahukimo sudah mulai membaik. Ruko-ruko dan kios-kios mulai dibuka. Namun, perkantoran dan sekolah-sekolah masih tutup.

Dari pantauan suarapapua.com, Para korban yang rumahnya kebakaran, sementara ini masih menumpang di beberapa gereja yang ada di Dekai. Anggota keamanan pun melakukan penjagaan dan terus melakukan patroli gabungan di seluruh kota dekai.

Pewarta : Ruland Kabak

Editor    : Arnold Belau