Aparat BKO di Yahukimo Diminta Ditarik

0
1895

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Alpian Yalak, Kepala Suku Yahukimo mewakili masyarakat minta agar aparat keamanan Bawa Kendali Operasi (BKO) yang ditugaskan di Kabupaten Yahukimo agar ditarik kembali.

“Kami di Yahukimo aman-aman saja, kenapa harus mobilisasi aparat keamanan di Yahukimo. Yang terjadi masalah kan di pulau Jawa, bukan Yahukimo. Jadi saya mewakili masyarakat Yahukimo minta agar pasukan dong ini ditarik dari ibu kota Kabupaten Yahukimo,” kata Yalak dalam orasinya Senin lalu.

Baca Juga:  Tragedi Penembakan Massa Aksi di Dekai 15 Maret 2022 Diminta Diungkap

Yalak mengatakan, kehadiran BKO Brimob di Yahukimo membuat masyarakat sipil orang asli Papua tidak nyaman karena masih trauma dengan kejadian yang terjadi di Kabupaten Nduga dan Kabupaten Deiyai.

Baca juga: Mahasiswa Papua Minta Buka Akses Pendidikan ke Pasifik

“Masyarakat di Yahukimo masih trauma dengan kejadian di Nduga dan Deiyai, jadi tolong tarik kembali aparat Brimob dari Yahukimo,” tutupnya.

ads
Baca Juga:  Dewan Adat dan Intelektual Moi Mendukung Kepemimpinan Silas Ongge Kalami

Sementara itu, Kapolres Yahukimo, AKBP. Angling Guntoro menjelaskan, kehadiran BKO Brimob Riau dan Palembang di Ibu Kota Kabupaten Yahukimo bertujuan membantu pihaknya di Polres Yahukimo dan masyarakat Yahukimo menjaga Kamtibmas di daerah ini.

“Mereka hadir untuk menjaga untuk tidak terjadi kekacauan seperti di Jayapura, Sorong, dan Manokwari,” kata Guntoro ketika dihubungi melalui telepon seluler.

Baca Juga:  Pemerintah Dituding Aktor Perampas Tanah Adat Papua

Terkait jumlah personil yang ditugaskan di Yahukimo, sebut Guntoro sebanyak 300 personil.

Baca juga: Peta Keberagaman Kehidupan di Papua

Ia berharap dengan adanya BKO Riau dan Palembang bisa mengakibatkan situasi di Kota Dekai tetap aman, supaya aktifitas pemerintahan, perekonomian, pendidikan, dan kesehatan berjalan lancar.

Pewarta : Ruland Kabak

Editor     : Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaGerakan Oseania Serukan Intervensi PBB di Papua Barat
Artikel berikutnyaLebih Banyak Lagi Korban Dalam Insiden di Daerah Pegunungan Tengah Papua