Malhai Mabel: OAP Jangan Jual Tanah 

0
1292

YALIMO, SUARAPAPUA.com— Malhai Mabel, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung menegaskan agar masyarakat tidak menjula tanah.  

Malhai Mabel, Kadis PMK Kabupaten Yalimo, menegaskan masyarakat OAP tidak boleh menjual tanah hak ulayat adat masing-masing. Hal tersebut ditegaska Biatodalam forum pelatihan LMA Distrik Elelim, Yalimo pada Selasa, (03/12/2019) siang di Gedung PKK Kabupaten Yalimo, Elelim.

“Masyarakat tidak boleh jual tanah, hutan, batu, yang ada di atas Tanah Papua ini. Kecuali OAP sendiri kalau dia mau kelola atau apa ya, itu tidak membatasi. Tapi kalau menjual beli tanah di pihak lainnya itu berarti dia melanggar amanha dan undang-udang otsus sesuai yang selama ini disampaikan melalui MRP dan Peraturan Gubernur,” tegasnya.

Baca Juga:  Usai Dilantik, Begini Pesan Alpius Yigibalom Kepada Masyarakat Lanny Jaya

Ketua panpel pelatihan, Frengki Makmaker, menerangkan jalannya kegiatan dan tempat yang bermasalah prioritas utama pemda untuk meberikan sosialisasi.

“Kegiatan ini semua perjalan dengan baik dan kita undang semua elemen masyarkat toko-toko adat dan pemilik hak ulayat disini. Sebenarnya kita mu lakukan untuk lima distrik tapi, karena dana terbatas kita lakukan di Elelim kemudian di Kabupaten Yalimo ini ada dua tempat yang bermasalah dan harus melakukan sosialisasi secara serius yaitu Distrik Benawa dan Elelim,” terangnya.

ads
Baca Juga:  Tim Relawan Gelar Penggalangan Dana Bagi Korban Longsor di Kampung Kwelena Yahukimo

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan, Melvin Faluk, menyatakan untuk sikap jika jual kekayaan adat di sembarang oknum, sebaiknya pemda dan pemprov punya kebijakan yang mengikat.

“Hal ini kembali ke pemerintah saja, masing-masing suku adat ini kita sudah komitmen bahwa kami sudah dilalui hal ini, tapi pemerintah tidak tangkapi serius,” katanya.

Baca Juga:  Menjadi Bapak Bagi Semua Calon Kandidat Bupati Lanny Jaya

Pewarta : SP-CR04

Editor: Arnold Belau 

Artikel sebelumnyaDinas BPMK Yalimo Sosialisasikan Penggunaan Dana Kampung
Artikel berikutnyaBupati Yalimo Menandatangani MoU Pengamanan Pilkada