19 Desember Terpantau Tiga Helikopter Drop Pasukan ke Distrik Ugimba

0
1610

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Pada Kamis 19 Desember 2019 terpantau tiga buah helikopter drop pasukan keamanan gabungan TNI dan Polri dari bandara Soko Paki, Bilogai ke Ugimba. Pendropan itu dilakukan sekitar pukul 11.40 WP.

Ugimba adalah salah satu distrik di Kab. Intan Jaya Papua yang terletak di bagian Selatan. Distrik ini berbatasan dengan Grasberg dan Gunung Cartenz.

Seorang sumber informan terpercaya di Sugapa saat menghubungi suarapapua.com mengungkapkan bahwa hari ini sebanyak tiga helikopter milik TNI terpantau terbang dari bandara Sugapa menuju ke Distrik Ugimba.

Baca Juga:  Kepala Suku Abun Menyampaikan Maaf Atas Pernyataannya yang Menyinggung Intelektual Abun

Tiga helikopter tersebut terbang ke Ugimba dan kembali ke Sugapa sebanyak satu-satu kali. Jadi ada tiga kali Helikopter mendarat di Ugimba.

“Tadi sekitar jam 11.40 ada tiga helikopter ke Ugimba. Pertama satu helikopter, dan kedua dua helikopter. Mereka ke Ugimba dengan bawa aparat,” ungkapnya.

ads

Kata dia, semua helikoptoer memuar aparat gabungan TNI di dalamnya. Dijelaskan,  pada 17 Desember, sebanyak dua kelompok [aparat militer Indonesia] menuju ke Ugimba lewat Galunggama.

Baca Juga:  Berlakukan Operasi Habema, ULMWP: Militerisme di Papua Barat Bukan Solusi

“Kelompok pertama lewat di Holomama. Tidak lewat jalan raya. Setelah itu kelompok kedua lewat lagi. Kelompok kedua lewat jalan raya ke Ugimba. Mereka lewat jalan raya. Setelah kelompok kedua sampai di Bulapa, barulah baku tembak terjadi,” ungkapnya menjelaskan.

Sementara itu, pihak TPNPB Intan Jaya yang menghubungi media ini pada Kamis (19/12/2019) dari Sugapa membenarkan informasi tersebut. Selain itu ia mengungkapkan bahwa hari ini terjadi kontak senjata di tiga lokasi yang berbeda.

Baca Juga:  Empat Terdakwa Pembunuhan Bebari dan Wandik Dibebaskan, Wujud Impunitas

“Hari ini ada tiga helikopter yang terbang ke Ugimba. Dan hari ini juga ada perang dengan TNI dan Polisi di tiga tempat. Pertama di Bula Tugapa, kedua di Dalagasiga dan ketiga di Putigapa,” ungkapnya.

Dari informasi yang dihimpun media ini, pada 18 Desember 2019 kemarin, ada penambahan pasukan lagi dengan menggunakan helikopter Super Puma milik TNI di bandara Soko Paki, Bilogai, Sugapa, Intan Jaya, Papua.

Pewarta: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaTPNPB Nyatakan Bertanggungjawab Atas Penembakan di Intan Jaya
Artikel berikutnyaSah, Intan Jaya Punya Polres Baru