Pekerja Kebersihan Berunjuk Rasa di Kantor Bupati Yahukimo

0
1047

DEKAI, SUARAPAPUA.com— Sejumlah pekerja kebersihan di lingkungan pemerintah Kab. Yahukimo mendatangi kantor bupati untuk mempertanyakan haknya yang dihilangkan dari DPA tahun 2020 pada Senin (2/3/2020) lalu.   

Koordinator kebersihan Minus Silak meminta kepada Pemkab Yahukimo untuk segera mengembalikan dana kebersihan yang dihilangkan dalam DPA Tahun 2020.

“Pemerintah daerah segera kembalikan dana kebersihan yang dihilangkan,” tuturnya.

Senada juga disampaikan, Ance Balingga perwakilan mama-mama bahwa pemerintah daerah secepatnya mengembalikan dana kebersihan yang tahun ini dihilangkan.

Baca Juga:  Pemprov PB Diminta Tinjau Izin Operasi PT SKR di Kabupaten Teluk Bintuni

Sebab menurutnya, banyak jenis sampah yang bertebaran di sepanjang jalan, namun mama-mama mengangkat semuanya.

ads

“Pempres-pempres di jalan banyak, namun kita mama-mama dan anak-anak angkat semua jadi harus kembalikan hak kami,” katanya.

Balingga menambahkan, bagi mereka kegiatan ini merupakan satu-satunya tempat untuk mencari nafkah bagi keluarga mereka. Sehingga, mama asal suku Yali ini berharap pemerintah daerah secepatnya kabulkan permohonan mereka.

Baca Juga:  TETAP BERLAWAN: Catatan Akhir Tahun Yayasan Pusaka Bentala Rakyat 2023

Sementara itu, PLT Sekda Kabupaten Yahukimo Elai Giban menjelaskan, dana yang dialokasikan untuk kelompok kebersihan pada DPA Tahun 2020 tidak dihilangkan. Sehingga ia mengatakan dalam waktu dekat akan mengecek ke keuangan dan akan dibayarkan.

“Dana kebersihan bapak ibu punya tidak dihilangkan, dana masih ada, sebenarnya yang datang itu kepala dinas lingkungan hidup bukan bapak ibu. Jadi saya akan hubungi kadis lingkungan hidup lalu ke keuangan dan selanjutnya akan bayarkan jelasnya,” jelasnya.

Baca Juga:  Penolakan Memori Banding, Gobay: Majelis Hakim PTTUN Manado Tidak Mengerti Konteks Papua

Giban menambahkan, pihaknya juga akan melakukan validasi terhadap anggota kebersihan lainnya. Agar yang masuk anggota kebersihan adalah benar-benar yang tidak mempunyai pekerjaan.

Pewarta : Ruland Kabak

Editor       : Arnold Belau

Artikel sebelumnyaKepala Suku Mpur Didesak Cabut Rekomendasi untuk Paul Baru
Artikel berikutnyaEligius Mahuse Terpilih Jadi Ketua Pemuda Katolik Merauke